Medan, 4/8 (antarasumut)-  Tingkat kehadiran PNS di lingkungan Pemko Medan  pada hari pertama kerja usai liburan panjang selama 9 hari  guna merayakan Hari Raya Idul Fitri 1435 H  mencapai 98.35 persen, tidak hadir tanpa  keterangan nol persen, sisanya tidak masuk akibat sakit maupun izin  cuti.
                Demikian hasil rekapitulasi  laporan tim inpeksi mendadak (sidak) yang diturunkan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ke seluruh Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) dan kantor kecamatan di lingkungan Pemko Medan, Senin (4/8).   Umumnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang disidak ini adalah non guru.
                “Alhamdulillah  tingkat kehadiran pegawai di lingkungan Pemko Medan mencapai 98,35 persen. Umumnya pegawai yang tidak hadir karena sakit, iozin dan cuti. Sedangkan pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan tidak ada,” kata Wali Kota ketika  memimpin sidak di Dinas Kesehatan Kota Medan Jalan Rotan Medan.
                Dijelaskan Wali kota, jumlah PNS di Kota Medan saat ini sebanyak 18.172 orang. Dari jumlah tersebut, 9.131 orang merupakan PNS non guru dan 9.041 orang lagi merupakan guru. Untuk itulah  Wali Kota berharap agar tingkat kehadiran ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depannya.
                Untuk memantau tingkat kehjadiran pegawai, Wali Kota menurunkan 11 tim yang disebar ke seluruh SKPD dan kecamatan. Sebagai contoh Tim I  yang dipimpin Kepala BKD Kota Medan Lahum SH melakukan sidak ke Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan, Dinas Perumahan dan pemukiman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendapatan, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Badan Penanaman Modal Daerah.
                Dalam sidak di Dinas Kesehatan, Wali Kota kembali menengaskan untuk terus meningkatkan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Bagi seluruh kepala puskesmas maupun puskesmas pembantu yang hadir di Dinas Kesehatan, Eldin menegaskan untuk  memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama dari kalangan keluarga kurang mampu.

Eldin mengaku, selama 7 bulan tahun 2014 berlalu, ia masih mendengar  keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas. Karenanya dia minta kepada Kadis Kesehatan kota Medan drg Usma Polita untuk melakukan sejumlah perbaikan dan pembenahan, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih baik lagi.

“Khusus kepada kepala puskesmas, saya minta mereka tidak hanya hanya terpaku menunggu masyarakat datang untuk berobat saja tetapi juga terus melakukan sosialisasi dan memberikan bimbingan kepada masyarakat bagaimana cara hidup  yang sehat sehingga tidak jatuh sakit,” ungkapnya.
                Untuk  mendukung itu, Wali Kota mengatakan akan memberikan pembekalan-pembekalan kepada seluruh kepala puskesmas. Selain itu harus mengaktifkan kembali seluruh posyandu yang ada. Wali Kota yakin kehadiran posyandu sangat membantu untuk meningkatkan derajat kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa.
                Sebelumnya Sekda Kota Medan Ir Sayaiful Bahri Lubis memimpin apel pertama seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Kota Medan.  Ketika memberikan arahan, Sekda mengajak kepada seluruh pegawai, terutama yang baru selesai menjalankan ibadah puasa agar intropeksi diri agar ke depannya lebih baik lagi dan mendapat hidayah dari Allah SWT.
                Selain mengajak intropeksi, Sekda juga minta kepada seluruh pegawai agar senantiasa bekerja dengan penuh keikhlasan. “Jika bekerja dengan ikhlas, kita pasti tanpa beban dan terus berbuat yang terbaik. Kita adalah pelayanan masyarakat, buka raja yang harus dilayani. Untuk itu lakukanlah perubahan dan kita harus kembali on the track. Jadi tidak ada yang perlu disombongkan dan  jangan pernah sekalipun punya niat kurang baik kepada orang lain,” pesannya.
                Selanjutnya Sekda mengingatkan apabila dalam melaksanakan pekerjaan menemui masalah, segera sampaikan kepada atasan guna dicarikan solusi mengatasinya. Dengan begitu pekerjaan yang dijalankan akan terasa lebih ringan. “Mari kita bersama-sama  dan bergandengan tangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada sleuruh masyarakat,” pesannya.
                Usai apel, Sekda bersama seluruh pejabat eselon dua bersilaturahmi  sekaligus berhalal bi halal dengan seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Kota Medan.  Diharapkan memalui silaturahmi dan halal bi halal ini semakin menguatkan sinergitas dan kebersamaan diantara para pegawai dengan pejabat sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik kepada masyarakat.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014