Medan, 22/7 (Antara) - USAID Prioritas bersama 16 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia menyelenggarakan pelatihan nasional untuk dosen yang difokuskan pada implementasi Kurikulum 2013 dalam konteks pembelajaran dan manajemen sekolah.

"Pelatihan ini kami laksanakan di Yogjakarta dengan peserta sebanyak 48 orang dosen," kata juru bicara USAID Prioritas Sumatera Utara Erix Hutasoit di Medan, Selasa.

Ia mengatakan pelatihan dilaksanakan dengan metode "Training of Trainers (ToT/pelatihan untuk para pelatih) dan peserta yang telah dilatih akan kembali melatih dosen dari 31 LPTK di tujuh provinsi mitra USAID Prioritas.

Ke tujuh provinsi mitra USAID PRIORITAS itu, adalah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, katanya.

"Pelatihan ini kami desain menggunakan modul II praktik yang baik dalam pembelajaran dan manajemen sekolah. Modul ini dikembangkan secara khusus sebagai bahan rujukan untuk LPTK," katanya dan menambahkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13).

Sementara Advisor Pengajaran dan Pembelajaran USAID Prioritas Lynne Hill mengatakan bahwa melalui pelatihan tersebut mampu memberikan keterampilan praktis kepada dosen LPTK.

Dosen akan mampu menerapkan pendekatan saintifik, penilaian otentik, serta mengembangkan budaya baca dan manajemen sekolah yang mendukung keberhasilan pembelajaran aktif.

"Kami berharap pembelajaran aktif dan manajemen berbasis sekolah (MBS) yang diimpelementasikan di sekolah juga dikembangkan para dosen dalam mempersiapkan calon guru di kampusnya," katanya.

Lebih lanjut Lynne mengatakan bahwa dosen LPTK mitra USAID Prioritas juga dipersiapkan melatih dan mendampingi guru di sekolah lab (lab school) dan sekolah mitra LPTK, yang sekaligus merupakan tempat praktik mengajar mahasiswa.

"Mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman yang baik dalam proses perkuliahan dan mereka dapat berpraktik mengajar di sekolah yang telah menerapkan pembelajaran aktif sesuai Kurikulum 2013," katanya.

Peserta pelatihan di Sumatera Utara diwakili dosen dari Universitas Negeri Medan (Unimed) dan IAIN Sumatera Utara.

Dalam waktu dekat, dosen dari Unimed dan IAIN Sumatera Utara akan melatih 4 LPTK konsorsium di Sumut, yaitu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muslim Nusantara Alwasliyah (UMN), Universitas HKBP Nommensen (UHN) dan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara (UNITA).***3***

(T.KR-JRD/B/Farochah/Farochah)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014