Batang Kuis, 11/6 (Antara Sumut) - Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, mengajak lembaga pendidikan dasar dan menengah di daerah itu untuk terus mengembangkan potensi anak didik agar menjadi sumber daya manusia yang beriman, terampil, berkarakter dan berbudi luhur.

"Peran sekolah sebagai unit yang mengembangkan kurikulum, silabus , strategi pembelajaran dan sistem penilaian diharapkan mampu mengembangkan potensi anak didik dan mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan," katanya di Kecamatan Batang Kuis, Rabu.

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang mengemukakan hal itu saat menghadiri wisuda purna Siswa SMA Akuntansi/ Perkantoran dan Siswa SMK Akomodasi Perhotelan Yayasan Pendidikan Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis.

Menurutnya, pelajar sebagai generasi penerus harus harapan bangsa mampu dan siap menghadapi era globalisasi.

Dalam kaitan era globalisasi itu, Zainuddin mengingatkan para pelajar agar jangan pernah berhenti menimba ilmu.

"Bekali terus diri untuk menjadi pemimpin yang memiliki SDM yang handal, berguna bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang selama hampir 10 tahun terakhir fokus melaksanakan program percepatan pembangunan pendidikan dengan didukung peran serta masyarakat dan sektor swasta.

Pola kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan swasta tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pelajar.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Pendidikan Tunas Karya Batang Kuis, Endang Purwanto menjelaskan jumlah lulusan SMA Akuntansi/Perkantoran serta SMK Akomodasi perhotelan tahun 2014 yang diwisuda sebanyak 97 orang.

Selama menjalani pendidikan, menurut dia, para siswa telah dibekali pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan jurusan masing-masing.

Keterampilan yang dimili para lulusan diharapkan dapat menjadi bekal dalam menghadapi pasar kerja, termasuk kebutuhan SDM di Bandara Internasional Kuala Namu.

Endang menambahkan, lembaga pendidikan yang dipimpinnya telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di dalam negeri dan luar negeri di bidang magang siswa.

Kerja sama itu dilakukan di antaranya dengan Only World Group Genty Highland Peking Malaysia.

Acara wisuda purna Siswa SMA dan SMK Akomodasi Perhotelan Yayasan Pendidikan Tunas Karya tersebut turut dihadiri, antara lain anggota DPRD Deli Serdang Ali Natar Siregar, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Hj Saadah Lubis, Kadis Pariwisata A Rifai dan Camat Batang Kuis M Abduh Rizali Siregar. (TNA)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014