Tanjung Balai, 10/6 (Antara Sumut)- Piala Adipura yang baru diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup RI diarak keliling Kota Tanjung Balai, Senin.

"Anugerah Adipura ini adalah bukti kerja keras Pemkot dan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingukngan hidup," kata Wali Kota Tanjung Balai, Thamrin Munthe, disela acara pelepasan pawai mengarak Piala Adipura, di halaman Balai Kota Tanjung Balai.

Diakuinya, keberhasilan meraih Piala Adipura tahun 2013 tidak terlepas dari peran nyata "pasukan kuning" Dinas Kebersihan dan Pasar, warga setempat dan slogan Tanjung Balai Harus Bersih.

Slogan yang dicanangkan Kantor Lingkungan Hidup Tanjung Balai tersebut, yaitu Lihat Sampah Ambil atau "LISA".

Salah satu indikator penilaian, katanya, yaitu keasrian tempat pembuangan akhir (TPA) yang ditata layaknya taman bermain dan sarana rekreasi bagi masyarakat.

"Karena dikelola dengan baik, tim penilai Adipura seakan tidak percaya bahwa yang mereka pantau adalah TPA," ujarnya.

Pantauan Antara Sumut, Piala Adipura tersebut diposisikan di atas mobil bak terbuka dan bersama Ketua TP.PKK Kota Tanjung Balai, Hj.Armaini Jannah Thamrin Munthe, diarak keliling kota.

Sejumlah warga dan pelajar terlihat antusias menyaksikan pawai arak-arakan Piala Adipura.

Penghargaan bidang kebersihan dan pengelolan lingkungan hidup tahun 2013 tersebut, diserahkan Wakil Presiden RI Boediono kepada Wali Kota Tanjung Balai, Thamrin Munthe di Istana Wapres, di Jakarta, Kamis (5/6). (Yan)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014