Simalungun, 5/6 (Antara) - Kontingen Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang berjumlah 114 orang diberangkatkan ke Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis.

Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih berpesan kepada kontingen perwakilan petani itu untuk menggali pengetahuan dan meningkatkan wawasan bidang pertanian supaya dapat diterapkan di daerah setempat.

"Kondisi iklim dan potensi daerah Kabupaten Malang tidak jauh berbeda dengan Simalungun, jadi dapat dipelajari dan diterapkan," kata Bupati di Pamatang Raya.

Bupati juga berpesan kepada kontingen untuk menjaga kesehatan dan kekompakan serta menjunjung nama baik Kabupaten Simalungun.

Jopinus Ramli Saragih berharap kepada KTNA Simalungun untuk lebih meningkatkan kinerja sehingga keberadaan lembaga ini bisa bermanfaat di masyarakat.

"Dalam menyukseskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, KTNA memiliki peran yang strategis membantu pemerintah untuk memajukan pertanian di Kabupaten Simalungun," katanya.

Ketua KTNA Simalungun Darwis Sipayung menyampaikan kontingen daerahnya berjumlah 114 orang dari pengurus KTNA terpadu kecamatan, pemuda tani, gabungan kelompok tani, petani berprestasi, kelompok tani berprestasi, pendamping dan peninjau.

Darwis menjelaskan Penas KTNA merupakan arena untuk saling memperlihatkan pencapaian pelaku utama pembangunan terutama di bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan.

"Kita merasa bangga, karena Mars KTNA se-Indonesia penciptanya dari Simalungun, yang nantinya akan menerima penghargaan pada kegaiatan Penas itu," kata Darwis. (KR-WRS)

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014