Samosir, 4/6 Antara) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Samosir, terus berupaya mendorong perajin di daerah itu agar menghasilkan produk berkualitas tinggi dan mampu bersaing di pasaran.

"Pembinaan terhadap perajin akan terus dilakukan agar mereka mampu menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing, baik di dalam negeri maupun mancanegara," kata Ketua Dekranasda Kabupaten Samosir Artha R. Sitinjak M. Simbolon di Pangururan, Rabu.

Artha mengemukakan hal itu terkait dengan keberhasilan Dekranasda Samosir meraih Inacraft Award 2014 untuk kategori Best Prize In Wood.

Salah satu produk yang berhasil meraih Inacraft Award 2014 adalah hasil kerajinan dari kayu, yakni Sondi (tempat tidur tradisional khas Batak).

Ia juga menyatakan bangga dengan produk yang dihasilkan para perajin di daerah itu, sehingga mampu meraih penghargaan dalam pameran berskala internasional tersebut.

Dekranasda Samosir mendapat penghargaan tersebut untuk bidang tenun dan ukir.

Inacraft Award juga pernah diraih Dekranasda Samosir pada 2013.

Terkait dengan hal itu, lanjutnya, Dekranasda Samosir akan terus berusaha melakukan terobosan dan inovasi dalam bidang kerajinan ukir maupun tenun yang berbasis budaya Batak.

"Produk kerajinan tersebut diharapkan akan mampu bersaing di pasar domestik dan menembus pasar ekspor," ujarnya.

Ia juga menyatakan optimistis usaha kerajinan di daerah itu potensial memberi kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan keluarga pengrajin.

Menurut Artha, Dekranasda tidak hanya melahirkan konsep yang segar dan serasi dengan program pemerintah daerah, tetapi juga mampu melakukan pembinaan terhadap pengrajin. (KR - TTY)

Pewarta: Tetty Naibaho

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014