Humbahas, Sumut, 30/5 (Antara) - Sejumlah seniman Batak khususnya seniman musik akan menggelar festival budaya bertajuk Harmoni Bangsaku.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kembali semangat berbudaya bagi masyarakat khususnya kalangan muda, kata penggagas kegiatan itu, Hardoni Sitohang, di Humbahas, Sabtu.

Festival Harmoni Bangsaku akan dipergelarkan di Medan, Sumatera Utara.

Dalam pergelaran itu sejumlah seniman akan mempertontonkan kemampuan berkesenian dari berbagai aliran. Selain itu, juga akan diadakan seminar serta pertunjukan kekayaan budaya daerah lewat fashion dan sastra.

Penggiat seni yang juga menjadi salah seorang tenaga pengajar musik tradisi di Universitas Negeri Medan (Unimed) tersebut mengatakan, pelaksanaan Harmoni Bangsaku lahir dari keinginannya untuk mengampanyekan budaya sebagai bagian dari kekayaan daerah.

"Sebab, pada perkembangan zaman saat ini, budaya-budaya daerah, khususnya di lingkungan masyarakat Batak sudah banyak yang bergeser," katanya.

Sementara itu, Humas dari Festival Harmoni Bangsaku, Samot Hutagaol mengatakan, bahwa kegiatan budaya sangat minim dilakukan baik oleh pihak pemerintah maupun lembaga kebudayaan, sehinggga terjadi degradasi budaya. ***3*** Kaswir (T. KR ¿ TTY)
(T.KR-TTY/C/Kaswir/Kaswir)

Pewarta: Tetty Naibaho

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014