Tanjung Balaia,23/55 (Antara Sumut)) - Seratus orang lebih dari tujuh kabupaten/kota bertarung dalam Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Sumut)  III tahun 2014 di Kota Tanjung Balai, 23-25 Mei.

Wakil Wali Kota Tanjung Balai, Rolel Harahap, pada acara pembukaan cabang pencak silat Porwil Sumut, di Tanjung Balai, Jumat, mengingatkan para atlet agar bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas.

"Raihlan prestasi dengan sportivitas, gigih dan semangat dalam bertanding," ujar mantan Ketua KNPI Sumut itu.

Rolel menambahkan, dalam kejuaraan ini para pesilat jangan hanya mengejar kemenangan semata.

"Menang atau kalah dalam bertanding itu biasa. Lebih baik kalah tapi sportif daripada menang dengan kecurangan," ujarnya.

Dikatakannya, pencak Silat merupakan cabang olahraga yang jumlah atletnya di Sumut masih tergolong minim sehingga seni bela diri ini perlu dilestarikan.

Untuk melestarikan pencak silat di Tanjung Balai, pihaknya menyatakan senantiasa siap berbagi pengalaman dan informasi dengan seluruh pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tingkat kabupaten/kota maupun Provinsi Sumut.

Sebelumnya Ketua KONI Tanjung Balai, Muhammad Nur Lubis menjelaskan, pertandingan pencak silat PorwiI Sumut diikuti pesilat dari Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Selain itu, Kabupaten Tapanuli Selatan, Serdang Bedagai, Batu Bara dan tuan rumah Tanjung Balai.

"Pertandingan cabang pencak silat Porwil Sumut menjadi sarana penyaringan atlet berprestasi untuk selanjutnya diterjunkan di Pekan Olahraga Provinsi tahun 2014," tambahnya.

Para juara Pekan Olahraga Provinsi akan memperkuat Sumut ke Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat pada Nopember 2014," katanya.

Sekretaris panitia penyelenggara pertandingan pencak silat Porwil Sumut, Dahman Sirait, mengatakan, cabang pencak silat semula dijadwalkan diikuti sembilan kabupaten/kota, tetapi Kabupaten Humbang Hasundutan dan Padang lawas Utara batal mengirim atletnya.

"Hngga acara ini dikuka, kedua Kabupaten tersebut tidak mengkonfirmasi kehadiran," ujarnya.

Pembukaan cabang pencak silat Porwil Sumut turut dihadiri Plt Sekdakot Tanjung Balai, Abdi Nusa dan Ketua IPSI Sumut, Dahliana. (Yan)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014