Oleh Imam Fauzi

Binjai, 5/4 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai menerima dana Coorporate Social Responsibility (CSR) tahun 2013 sebesar Rp770 juta dari Bank Sumut.

Bantuan sosial tersebut akan dialokasikan untuk kemajuan dunia pendidikan, usaha kecil menengah dan sosial," kata Wali Kota Binjai, Muhammad Idaham di Binjai, Sabtu.

Ia menjelaskan, bantuan CSR merupakan salah satu bentuk kepedulian sosialBank Sumut kepada masyarakat Kota Binjai.

Program bantuan CSR untuk masyarakat Kota Binjai itu telah direalisasikan Bank Sumut sejak tahun 2011.

Idaham berharap Bank Sumut setiap tahun dapat merealisasikan penyaluran dana CSR.

Program bantuan sertupa, lanjut Wali Kota, juga hendaknya dapat diterapkan oleh perusahaan perbankan lain yang selama ini beroperasi di Binjai.

Disebutkannya, Pemkot Binjai telah pula mengalokasikan bantuan biaya operasional masing-masing sebesar Rp1 juta untuk pembangunan lima unit sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang baru saja dibangun oleh Bank Sumut di Kelurahan Timbang Langkat.

Direktur Bank Sumut Muhammad Yahya, menjelaskan,
dana CSR itu dialokasikan, antara lain untuk pengadaan kursi roda, alat bantu dengar dan tongkat kaki empat keseluruhannya senilai Rp 52 juta.

Selain itu, bantuan beasiswa kepada 80 siswa tidak mampu sebesar Rp105 juta, pengadaan tempat pembuangan sampah sebesar Rp40 juta, bantuan hand wrapping, cold display, pompa air, timbangan digital dan pembungkus jambu kepada 14 kelompok masyarakat sebesar Rp115 juta.

Di bidang pemberdayaan usaha kecil dan menengah, pihaknya telah menyalurkan dana bantuan kepada pelaku usaha jasa perbengkelan, elektronik dan perkakas kerajinan yang seluruhnya mencapai Rp40 juta.

Di bidang sosial keagamaan, Bank Sumut juga telah menyalurkan paket bantuan kepada sembilan masjid dan mushalla sebesar Rp203 juta.

Paket bantuan lainnya juga diberikan dalam bentuk pengadaan bibit tanaman penghijauan yang ditanam disepanjang jalan Bejomuna dan lokasi MTQ sebesar Rp50 juta dan lingkup kesehatan berupa pembangunan lima unit MCK di kelurahan Timbang Langkat sebesar Rp 163 juta. (KR-IFZ)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014