Oleh Joko Gunawan

Rantauprapat, 13/3 (Antarasumut) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhan Batu membenarkan telah menerima lembaran surat suara Pemilu 2014, pada Kamis malam, tetapi untuk DPRD Provinsi Sumut jumlahnya masih kurang sebanyak 224.000 lembar.

"Dari seluruh kebutuhan, masih terdapat kekurangan surat suara DPRD Provinsi Sumut sebanyak 224.000 lembar," kata Ketua KPU Kabupaten Labuhan Batu, Hj Ira Wirtati.

Ia menjelaskan, surat suara yang sudah diterima antara lain, untuk DPR RI sebanyak 295.783 lembar, DPRD Sumut 71.783 lembar, DPD sebanyak 295.783 dan DPRD Labuhan Batu.

Khusus untuk DPRD Labuhan Batu, lanjutnya, jumlah surat suara untuk Dapil 1 sebanyak 62.882 lembar, Dapil 2 (65.561 lembar), Dapil 3 (61.849 lembar), Dapil 4 (57.227 lembar) dan Dapil 5 (48.264 lembar).

Selain itu, mereka juga sudah menerima surat suara pemilu ulang untuk DPRD Kabupaten Labuhan Batu dengan rincian masing-masing Dapil mendapat 1000 lembar.
Sedangkan surat suara ulang untuk tingkat DPR, DPD dan DPRD provinsi sama sekali belum diterima.

Saat ini, kata Ira, surat suara yang diangkut dengan truk kontainer tersebut disimpan di gudang milik KPU setempat dengan sistem penjagaan berlapis serta direncanakan hari Minggu (16/3) mendatang akan mulai dilakukan pelipatan oleh pihak ketiga disertai pengawalan pihak kepolisian setempat.

"Rencananya yang pertama kali dilipat itu surat suara untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi baru DPRD Kabupaten dengan perhitungan satu minggu selesai. Harapan kita para pelipat betul-betul bekerja dan memiliki komitmen yang bagus,” harapnya.

Sebab katanya, jika pelipatan tidak dilakukan dengan semestinya akan berdampak pada pelaksanaan pemilu mendatang.

"Kita harapkan setiap lembaran surat suara disortir dan diteliti secara cermat. Jika satu ikatan jumlahnya tidak cukup 25 lembar, tentunya dapat membuat kewalahan petugas di TPS," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, setiap pekerja yang melipat surat suara juga harus memiliki tekad dan komitmen untuk menyukseskan Pemilu 2014.(JG)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014