Oleh Ahmad Suhaimi

Batu Bara, 6/3 (Antarasumut) - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batu Bara, Tengku Erwin mengajak masyarakat di daerah itu untuk lebih dekat dengan Al-Quran dengan cara membiasakan diri membaca, memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Setiap umat muslim hendaknya menjadikan membaca Al Quran sebagai kebutuhan pokok, sehingga dapat memahami serta menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari," katanya di Kecamatan Sei Balai, Kamis.

Harapan tersebut disampaikan Erwin pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Kabupaten Batu Bara tahun 2014.

Dikatakannya, Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam diturunkan untuk menjadi tuntunan memperoleh kebahagian dunia dan akhirat, serta merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering.
Semakin didalami isi Al-Quran, lanjut dia, maka semakin diyakini akan kebenarannya.

Isi dan kandungan Al-Quran juga merupakan pedoman hidup guna membangun kehidupan sosial yang baik dan martabat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, menurut dia, melalui pemahaman isi kandungan Al-Quran juga akan bisa mengedepankan rasa persaudaraan, menjaga persatuan, kebersamaan dan ukhuwah sekaligus menjauhi kekerasan.

"Ajaran Al-Quran menolak kebencian dan fitnah. Dengan mengedepankan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam Al Quran, Insya Allah kita dapat mewujudkan sikap-sikap toleransi, solidaritas dan kebersamaan yang tinggi diantara segenap umat beragama di Batu Bara," ujar Erwin.

Oleh sebab itu, ia menyatakan optimistis melalui pemahaman dan penghayatan yang utuh terhadap nilai-nilai universal Al-Quran, akan dapat memberikan kontribusi dan sumbangan yang lebih besar dalam mewujudkan percepatan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Batu Bara.

Terkait dengan pelaksanaan MTQN 2014 tingkatkan Kabupaten Batu Bara, Sekdakab menilai kegiatan tersebut sebagai sebuah wahana dalam memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Quran.

"Untuk itu diperlukan kerja keras, partisipasi dan tanggungjawab kita semua untuk terus bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Batu Bara, sehingga penyelenggaraan MTQ ini memberikan pengaruh positif secara nyata dalam mengembangkan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang," kata dia.

Khusus kepada seluruh qari dan qariah terbaik dari seluruh kecamatan yang mengikuti MTQ tersebut, Erwin juga berpesan agar keikutsertaan mereka dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran dan kandungan Al-Quran secara damai di tengah masyarakat. (AS)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Ahmad Suhaimi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014