Oleh Ahmad Suhaimi

Batu Bara, 6/3 (Antarasumut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi pemilihan umum legislatif tahun 2014 kepada berbagai lapisan masyarakat, termasuk kepada generasi muda sebagai pemilih pemula.

"Kami juga mengundang komunitas kreatif untuk bertukar pikiran tentang upaya meningkatkan minat pemilih dalam pemilu," kata Komisioner KPU Batu Bara Taufik Abdi Hidayat di Lima Puluh, Kamis.

Menurut dia, pemahaman masyarakat tentang pemilu perlu terus ditingkatkan agar mereka menggunakan haknya sebaik mungkin dan tidak terkontaminasi politik uang dari para calon anggota legislatif maupun partai politik.

Melalui sosialisasi yang gencar dan berkelanjutan, pihaknya berharap jumlah masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April 2014 dapat
meningkat.

Diakuinya, hingga saat ini antusiasme masyarakat di Kabupaten Batu Bara dalam hal menyambut pemilu legislatif 2014 terkesan masih minim.

"Jadwal pelaksanaan pemilu legislatif sudah semakin dekat, namun sepertinya masyarakat belum antusias menyambut hajatan demokrasi lima tahunan itu," ujar dia.

Oleh sebab itu, kata Taufik, KPU Batu Bara akan berupaya memanfaatkan waktu yang masih tersisa hingga menjelang pemilu untuk melakukan sosialisasi lebih progresif, di antaranya melalui sosial media.

Ia menambahkan, media sosial juga berperan besar dalam sosialisasi pemilu.

"Kami memfasilitasi komunitas kreatif dalam menarik minat pemilih dalam pemilu. Selain itu, perlu dilakukan pertautan isu pemilu dengan isu lainnya sehingga pemilu menjadi arena bersama untuk memperjuangkan agenda publik," katanya.

Dikatakan Taufik, sosisalisasi pemilu tidak hanya dilakukan oleh KPU Batu Bara semata, tetapi juga melibatkan semua pihak. (AS)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Ahmad Suhaimi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014