Oleh Irwan

Medan, 8/2 (Antara) - PT Bank Negara Indonesia membangun fasilitas mandi, cuci dan kakus atau MCK bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung yang berlokasi di bekas kampung Universitas Karo di Kabanjahe.

Kepala Cabang Bank Negara Indonesia (BNI) Kabanjahe Purwanto kepada Antara Medan, baru-baru ini mengatakan, fasilitas yang dibangun itu terdiri dari enam ruangan, yakni tiga ruang untuk kamar mandi serta tiga ruang untu cuci dan kakus.

Di atas fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK) tersebut, pihaknya menempatkan dua tabung air yang masing-masing memiliki kapasitas 6.000 liter.

Dengan kapasitas air yang cukup banyak dan terus diisi tersebut, pihaknya berharap fasilitas MCK itu dapat memenuhi kebutuhan pengungsi yang ada di tempat itu.

Pihaknya sengaja membuat fasilitas dengan bangunan yang cukup permanen agar dapat dipergunakan secara berkelanjutan jika erupsi Gunung Sinabung berlangsung lama.

Dengan fasilitas MCK yang cukup permanen dan mengutamakan konsep kebersihan tersebut, diharapkan aktivitas mandi dan cuci yang dijalankan pengungsi dapat berlangsung lebih baik.

"Kami memberikan fasilitas yang lebih permanen, juga menjaga kesehatan pengungsi disini," katanya.

Program pembangunan fasilitas MCK di bekas kampus Universitas Karo tersebut merupakan bentuk kepedulian BNI sebagai badan usaha milik negara (BUMN) dalam membantu masyarakat Karo yang sedang mengungsi.

"(Pembangunan fasilitas MCK ini) program BNI Peduli," ujar Purwanto. (I023)

Pewarta: Irwan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014