Oleh Joko Gunawan

Rantauprapat, (7/2) Antarasumut - Forum Masyarakat Madani (FMM) En Pabolo minta Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu membenahi fasilitas dan jadwal pelayanan kesehatan.

"Jadwal pelayanan di Puskesmas perlu dibenahi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Ketua FMM, Sabaruddin Marpaung di Kelurahan Labuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah, Jumat.

Menurut dia, jadwal pelayanan di Puskesmas di sebagian besar kecamatan di Labuhan Batu idealnya dioperasikan mulai pagi hingga sore hari.

Selama ini, lanjutnya, Puskesmas di daerah itu hanya melayani pasien mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.

Padahal, kata dia, di luar jadwal tersebut masih banyak warga yang membutuhkan pelayanan dari Puskesmas.

Sabaruddin yang juga anggota Dewan Pendidikan di daerah itu, menambahkan, selama ini banyak warga di kawasan pesisir Labuhan Batu kesulitan mendapat pelayanan dari Puskesmas karena
aktivitas rutin mereka dominan berlangsung pada pagi hingga menjelang sore hari.

Jika pelayanan Puskesmas dibuka hingga sore, pihaknya optismistis warga di daerah pesisir akan mempunyai kesempatan untuk berobat ke pusat kesehatan yang disediakan pemerintah tersebut.

Selain itu, kata dia, warga pesisir yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu lagi harus mengeluarkan biaya relatif besar untuk berobat ke tempat lain.

Sabaruddin juga berharap Pemkab Labuhan Batu menambah fasilitas kesehatan di setiap Puskesmas, termasuk tenaga medik. (JG)

Editor:  T . Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014