Samosir, 12/9  (antarasumut)- Ketua Harian FASI Sumatra Utara Ali Sudirman Pasaribu mengatakan, pada Festival Danau Toba 2013 ada empat atlet asing yang berpartisipasi pada kejuaraan paralayang di Festival Danau Toba 2013 yaitu dua orang dari Swiss dan dua orang Malaysia.

Kejuaraan paralayang pada Festival Danau Toba 2013 diikuti 141 atlet. Hanya saja yang memiliki lisensi baru 107 atlet saja. Sedangkan atlet tuan rumah yang berpartisipasi hanya satu orang.

"Dulu ada sekitar 26 atlet disini. Tapi banyak yang berhenti berlatih setelah mereka menikah. Padahal alat juga ada," kata satu-satunya atlet paralayang asal Samosir, Abah Simbolon.

Minimnya atlet dari Samosir, FASI mendorong agar ada inovasi baru agar perkembangan paralayang bisa maksimal. Salah satunya dengan membuka paket terbang tandem. Dengan demikian, diharapkan minat calon atlet untuk menekuni paralayang lebih terbuka.

Mengenai kejuaraan paralayang menurut dia, selama kegiatan berlangsung, semuanya berjalan lancar meski belum semua nomor dipertandingkan. Para atlet nasional juga bersaing ketat pada kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini.

"Untuk cuaca tidak ada masalah. Peserta juga bersaing dengan ketat. Yang jelas, secara umum pelaksanaan kegiatan ini cukup baik," katanya menegaskan.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013