Samosir, 5/12 (antarasumut)- Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon mengatakan, pihaknya tengah gencar melakukan promosi wisata ke luar negeri guna menraik kehadiran wisatawan mancanegara ke daerah itu.

"Selain mengandalkan kondisi alam yang begitu indah, Kabupaten Samosir mempunyai wisata andalan baru yaitu geologi alam yang unik," katanya saat menrima kunjungan Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia, S.IP di ruang kerjanya, Kamis.

Dijelaskan dia, nantinya akan dibangun sebuah geopark (taman bumi) di Samosir bekerjasama dengan UNESCO.Para ahli geologi telah melakukan penelitian bahwa di Samosir terdapat geosait yang merupakan hasil letusan gunung toba yang maha dahsyat 74.000 tahun silam.

Dalam kesempatan itu Bupati Samosir mengatakan bersedia menjalin kerjasama dibidang Pariwisata dengan kabupaten Nias Barat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Nias Barat menyerahkan pakaian khas suku Nias kepasa Bupati Samosir. Menurut Helmit, pakaian tersebut merupakan pakaian yang paling tinggi nilainya, apabila sudah dikenakan maka sudah dianggap jadi masyarakat Nias dan tidak enggan bergaul dengan masyarakat Nias. Sebaliknya, Bupati Samosir juga menyerahkan cindera mata berupa logo Kab. Samosir dan alat musik tradisional Kecapi (hasapi). (ril)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013