Medan, 8/11 (Antara) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyiapkan pembentukan unit pengamanan seperti kepolisian sektor di Bandar Udara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang untuk memantapkan pengamanan di tempat itu.

Kepala Biro Operasi Polda Sumut Kombes Pol Sadono Budi Nugroho di Medan, Jumat, mengatakan pihaknya telah mendapatkan lahan untuk pembangunan kantor polsek itu dari manajemen PT Angkasa Pura 2.

Selanjutnya, pihaknya akan menyiapkan pembangunan kantor polsek tersebut sehingga proses pengamanan di Bandara Kualanamu akan semakin baik.

Namun penyiapan polsek tersebut membutuhkan waktu dan proses. "Jadi, mungkin disiapkan subsektor dulu," katanya tanpa menyebutkan luas dan lokasi lahan yang diberikan Angkasa Pura 2 itu.

Apalagi sesuai dengan aturan yang berlaku, ada prosedur yang harus dilalui dalam pembentukan unit tertentu di lingkungan Polri, termasuk pembentukan satuan seperti polres dan polsek.

"Rencana pembentukannya harus diusulkan dulu ke Kapolri," kata mantan Direktur Reskrim Khusus Polda Sumut tersebut.

Menurut Sadono, meski pembentukan polsek tersebut masih dalam persiapan, tetapi pengerahan personel pengamanan di Bandara Kualanamu telah dilakukan untuk mendukung petugas pengamanan internal.

Ia mencontohkan keberadaan personel Polres Deli Serdang dan personel Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Sumut yang diperbantukan di Bandara Kualanamu.

"Kalau pun terjadi sesuatu, personel polsek setempat yakni Polsek Beringin langsung merapat," katanya. ***2***
(T.I023/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013