Tanjung Balai, 7/11 (Antarasumut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai berkomitmen akan terus mendorong dan membantu meningkatkan program pengembangan kepemimpinan kaum perempuan di berbagai aspek pembangunan dan kehidupan masyarakat.

"Meskipun sama-sama bisa dan berhak menjadi pemimpin, perempuan memiliki kharisma tersendiri yang berbeda dengan laki-laki," kata Wali Kota Tanjung Balai, Thamrin Munthe pada acara pembukaan pelatihan kepepimpinan yang diselenggaran Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tanjung Balai. Kamis.

Menurut Thamrin, kaum perempuan umumnya memiliki perpaduan ilmu dan kemampuan seni memimpin dari pada pria

Meski bekal kepemimpinan tidak semata-mata harus tergantung pada ilmu, tetapi untuk menjadi pemimpin mentalitas diri mutlak ditumbuhkembangkan.

Dikatakannya, untuk menjadi pemimpin harus dapat melihat latar belakang dari orang-orang yang akan dipimpin, sekaligus mengembangkan bakat kepemimpinan supaya potensi yang ada pada diri dapat merubah yang akan dipimpin.

Oleh karena itu, Thamrin menghimbau kaum perempuan di Tanjung Balai agar mampu menunjukkan jati diri sebagai pemimpin dan ikut berperan aktif mewujudkan visi misi pemerintah kota setempat serta mampu berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan pembangunan.

"Pelatihan kepemimpinan wanita yang diprakarsai GOW ini harus mampu mendayagunakan kehidupan sosial terutama kepada jiran tetangga dan lainnya," ujarnya.

Pelatihan kepemimpinan tersebut diikuti sekitar 40 peserta utusan dari berbagai organisasi wanita di Tanjung Balai.

Sebelumnya Ketua GOW Tanjung Balai, Hj Artati, mengatakan bahwa pelatihan kepemimpinan bagi kaum perempuan itu merupakan yang kedua kali diselenggarakan.

"Tujuan pelatihan ini sejalan dengan upaya mewujudkan visi misi Pemko Tanjung Balai sekaligus meningkatkan kemampuan kepemimpinan bagi kalangan anggota organisasi wanita," ujarnya.

Ia menambahkan, meski sumbangsih kaum perempuan terhadap pembangunan di "kota kerang" itu belum maksimal, tetapi tekad dan komitmen mereka untuk ikut berperan aktif mewujudkan percepatan pembangun Tanjung Balai akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

Pembicara dalam pelatihan itu, di antaranya Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Balai-Asahan Ester Sibuea.
(Yan)

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013