Medan, 30/10 (Antara) - Konjen Jepang di Medan Yuji Hamada memberikan apresiasi atas jalinan kerjasama kota kembar Medan-Ichikawa yang dinilainya telah banyak memberikan hal positif untuk kedua kota tersebut.

"Hubungan sister city antara Kota Ichikawa dengan Kota Medan sangat luar biasa. Hubungan seperti ini baru pertama kali dilakukan di dunia dan sudah berlangsung cukup lama yaitu 25 tahun," katanya di Medan Rabu.

Itu ia katakan saat menemani mantan pengurus sister city dari Kota Ichikawa, Jepang berkunjung ke Kantor Wali Kota Medan, yang didipimpin kepala rombongan Mr Keuchi.

Lebih lanjut Hamada mengatakan pihaknya berharap hubungan antar kedua kota itu dapat lebih ditingkatkan lagi, tidak semata pertukaran pelajar dan kebudayaan tetapi juga kerjasama disektor lainnya.

Apalagi, kata dia, Ichikawa merupakan kota industri dan ahli dalam bidang pengelolaan perikanan dan pertanian.

Selain itu kota yang letaknya tidak jauh dari Kota Tokyo itu juga terkenal dalam pengolahan energy air tanpa menggunakan listrik dan tenaga penggerak motor.

"Dengan kelebihan yang dimiliki Kota Ichikawa dapat dikerjasamakan dengan Kota Medan. Sebab, saya melihat Kota Medan sangat berpotensi dikembangkan menjadi kota agrobisnis dan agro industri," katanya.

Mr Keuchi yang membawa rombongan berjumlah 21 orang, dalam kesempatan itu mengaku sangat bangga dengan hubungan sister city yang telah dijalin selama ini karena selama 25 tahun hubungan berjalan, banyak hal positif yang telah dilakukan.

Di samping itu hubungan sister city ini membuat kedua kota saling mempercayai sehingga terbuka peluang untuk menjalin kerjasama di banyak sektor.

Salah satu kerjasama yang sampai saat ini berjalan dengan baik yaitu pertukaran pelajar.

"Dari pertukaran pelajaran itu, saya berharap para siswa yang melakoninya akan melanjutkan hubungan kota bersaudara antara Kota Ichikawa dan Kota Medan menjadi lebih baik lagi pada masa yang akan datang," katanya. ***4***
Biqwanto
(T.KR-JRD/B/B. Situmorang/B. Situmorang)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013