Medan, 24/10 (Antara) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengunjungi "Yayasan Perguran Khairul Imam" milik Ketua Fraksi PPP DPR Hazrul Azwar di Kelurahan Sukamaja, Kecamatan Medan Johor, Kamis.

Dalam kunjungan itu, Marzuki Alie meninjau sejumlah ruang belajar dan fasilitas di perguruan yang memberikan pendidikan gratis bagi anak fakir miskin tersebut.

Di hadapan Marzuki Alie, Hazrul Azwar menjelaskan, perguruan yang telah berdiri sejak delapan tahun lalu itu memadukan pendidikan agama dan umum.

Meski bangunan terlihat megah, tetapi perguruan tersebut juga banyak diisi anak dari keluarga fakir miskin dengan biaya pendidikan yang digratiskan.

"Di sini ada anak tukang becak, tukang bangunan, hingga pemulung. Mereka dicek apakah miskin atau tidak. Kalau memang miskin, semua biaya digratiskan. Jadi, sedikit pun tidak diniatkan untuk bisnis," katanya.

Menurut dia, perguruan tersebut menawarkan program pendidikan yang dapat menciptakan generasi muda yang berilmu pengetahuan tetapi memiliki pengetahuan dan pemahaman agama yang kuat.

Sebelum masuk ruang belajar pukul 07.30 WIB, seluruh siswa diajak "shalat dhuha" atau ibadah untuk mempermudah rezeki yang dilakukan setiap hari.

Kemudian, seluruh siswa diharuskan melaksanakan Shalat Zuhur dan Ashar secara berjamaah untuk meningkatkan rasa kebersamaan. Sedangkan pendidikan umum yang diberikan sama seperti lembaga pendidikan lainnya, tetapi ditambah dengan pengajaran khusus untuk tiga bahasa asing yakni Arab, Inggris, dan Mandarin.

Pemberian kemampuan bahasa asing itu dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyahuti tantangan zaman.

Mendengarkan penjelasan itu, Marzuki Alie memberikan apresiasi terhadap program pendidikan di perguruan milik tokoh PPP tersebut.

Menurut Marzuki, generasi muda Indonesia harus memiliki pendidikan yang cukup agar mampu menjadi manusia unggul dan berdaya saing.

"Kalau bisa memiliki daya saing, Insya Allah tidak ada yang miskin," katanya.

Dalam kunjungan itu, Marzuki Alie memberikan bantuan secara pribadi berupa 10 unit komputer untuk Yayasan Perguruan Khairul Imam. ***4*** Kaswir (T.I023/B/Kaswir/Kaswir) 24-10-2013 18:41:42

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013