Medan, 25/9 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu, melaksanakan rapat pleno dengan agenda rekapitulasi perolehan suara pemilihan kepala daerah.

Anggota KPU Batubara Donni Harahap yang dihubungi Antara mengatakan, pihaknya mengundang unsur forum komunikasi pimpinan daerah untuk menyaksikan rekapitulasi perolehan suara di kantor KPU jalan Perinis Kemerdekaan, Kecamatan Lima Puluh.

Selain itu, pihaknya juga mengundang seluruh saksi pasangan calon, panitia pengawas pemilu (panwaslu), pemantau, dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

KPU telah mengumpulkan seluruh dokumen untuk kebutuhan penghitungan akhir dan rekapitulasi perolehan suara tersebut.

Ia mencontohkan formulir C-1 (hasil penghitungan suara di TPS), formulir D-1 (hasil penghitungan suara di di desa/kelurahan), dan formulir DA-1 (hasil penghitungan di kecamatan/PPK).

Setelah mendapatkan hasil penghitungan akhir dan rekapitulasi perolehan suara tersebut, KPU akan melaksanakan rapat pleno untuk mengumumkan pasangan calon terpilih.

"Nanti akan ditentukan harinya," kata Donni.

Pilkada Batubara yang dilaksanakan pada 19 September 2013 diikuti enam pasangan cabup dan cawabup yakni pasangan Gong Matua Siregar dan Achmad Dani (nomor urut1) yang mendaftar dari jalur perseorangan.

Selanjutnya, pasangan Zulkarnain dan Masyitah (2) yang didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP).

Pasangan Kurnia Gunawan dan Nurmala (3) yang didukung Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain itu, pasangan Yahdi Khair Harahap dan Syarkowi Hamid (4) yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Matahari Bangsa (PMB).

Pasangan nomor urut 5 adalah Zahir dan Suriono yang didukung PDI Perjuangan, Partai Republika Nusantara, dan Partai Bulan Bintang (PBB), sedangkan nomor urut 6 adalah pasangan OK Arya Zulkarnain dan Harry Nugroho yang juga mendaftar dari jalur perseorangan. ***1***
(T.I023/B/E.K. Sinoel/E.K. Sinoel)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013