Lubuk Pakam, Sumut, 18/9 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera terus berupaya mengembangkan dan menggiatkan pembangunan sektor koperasi, dan usaha kecil menengah (UKM) dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.

"UKM dan koperasi terus kita kembangkan, karena ini
merupakan salah satu sektor pembangunan yang harus terus dikembangkan guna mewujudkan peningkatan perekonomian daerah," kata Bupati Deliserdang Amri Tambunan di Sunggal, Rabu.

Hal itu ia kemukakan pada peringatan Hari Koperasi ke 66 Deliserdang yang di pusatkan di lapangan bola Sei Semayang Sunggal, yang dirangkai dengan pameran produk UMKM.

Menurut dia pembangunan sektor koperasi, usaha kecil menengah (UKM) sangat penting artinya, karena sangat ideal dengan karkter budaya, jiwa dan semangat kegotong royongan yang sudah diwarsikan sejak dahulu.

Oleh karena itu, pengembangan koperasi dan UKM di tengah-tengah masyarakat harus mampu berperan maksimal untuk memberikan kontribusi besar bagi pertumbjuhan ekonomi bangsa.

Koperasi dan UKM sebagai mitra pemerintah diharapkan mampu mengisi celah-celah yang belum terpenuhi secara keseluruhan bagi peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat.

"Pada gilirannya diharapkan dapat berdiri sejajar dengan pelaku ekonomi lainnya," katanya.

Pemkab Deliserdang, lanjutnya, tidak pernah berhenti memberikan berbagai fasilitas yang sifatnya sebagai stimulan untuk mendorong kemajuan dan pengembangan koperasi diantaranya menerbitkan Perda No 2 tahun 2006 tentang pembinaan koperasi dan UKM disamping mengeluarkan berbagai kebijakan.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar koperasi di Deliserdang yang secara terus menerus mampu menorehkan prestasi sehingga kita berhasil mendapatkan Satya Lencana Pembangunan bidang koperasi pada tahun 2009 dan 2011 .

Selain itu, Ketua Dekranasda Deli Serdang Anita Amri Tambunan pada Peringatan Hari Koperasi ke 66 tingkat nasional tahun 2013 di kota Mataran NTB menerima Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Bahkan beberapa koperasi dari Deliserdang meraih penghargaan seperti KPRI Adil Sejahtera Dispora mendapatkan predikat koperasi terbaik tingkat nasional dan KPRI kantor bupati menerima penghargaan koperasi berprestasi tingkat propinsi.

"Kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat harus terus kita tingkatkan lagi," katanya.***3***

 

(T.KR-JRD/C/Subagyo/C/Subagyo)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013