Medan, 11/9 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan tahapan pemungutan suara dalam pemilihan kepala daerah setempat, Rabu.

"Pemungutan suaranya sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB tadi," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Rahmat ketika dihubungi Antara di Medan, Rabu.

Menurut Rahmat, proses pemungutan suara tersebut akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan penghitungan suara sekitar 2-3 jam.

Proses pemungutan suara tersebut diselenggarakan di 484 TPS yang tersebar di 303 desa dan satu kelurahan di 12 kecamatan di Padang Lawas.

Dari pemutakhiran data yang dilakukan KPU, terdapat 154.437 warga yang tercantum dalam daftar pemilih tetap.

Pihaknya berkeyakinan proses pemungutan suara tersebut akan berjalan dengan lancar karenaseluruh kebutuhan logistik telah didistribusikan.

Keyakinan atas kelancaran proses pemungutan suara tersebut juga karena adanya dukungan pengamanan dari Polres Tapanuli Selatan.

"Pihak kepolisian sangat siap memberikan pengamanan," katanya.

Apalagi, masyarakat Padang Lawas juga dinilai telah dewasa dalam berpolitik sehingga diyakini dapat menerima hasil dari proses demokrasi tersebut.

"Ini pilkada kedua. Jadi, masyarakat telah dewasa," katanya.

Pilkada Padang Lawas akan diikuti enam pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Padang Lawas yakni pasangan Sarmadan Hasibuan-Faisal Hasibuan yang mendapatkan nomor urut 1.

Pasangan itu mendaftar ke KPU atas dukungan Partai Demokrasi Kebangsaan (dua kursi), Partai Republikan (satu kursi), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (satu kursi), Partai Bulan Bintang (satu kursi), dan Partai Hanura (satu kursi).

Pasangan kedua adalah Alwi Mujahid Hasibuan-Suprantiardi (nomor urut 2) yang mendaftar sebagai peserta pilkada dari jalur perseorangan.

Kemudian, pasangan Rahmad Pardamean Hasibuan-Andri Ismail Putra Nasution ( nomor urut 3) yang didukung Partai Demokrat (lima kursi) dan 13 partai politik lain yang tidak memiliki kursi di DPRD Padang Lawas.

Pasangan nomor urut 4 adalah Tondi Ronitua-Idham Hasibuan yang didukung Partai Karya Peduli Bangsa (tiga kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (dua kursi), PDI Perjuangan (tiga kursi), Partai Persatuan Pembangunan (tiga kursi).

Setelah itu, pasangan nomor urut 5 yakni Rustam Efendi Hasibuan-Tongku Khalik yang juga mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan.

Sedangkan nomor urut 6 adalah pasangan Ali Sutan Harahap-Ahmad Zarnawi Pasaribu yang merupakan calon yang masih menjabat atau "incumbent".

Pasangan tersebut didukung Partai Golkar (lima kursi), Partai Patriot (dua kursi), dan Partai Keadilan Sejahtera yang tidak memiliki kursi di DPRD Padang Lawas. ***1***
(T.I023/B/A. Jauhary/C/A. Jauhary)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013