Medan, 21/8 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, menyiapkan kegiatan deklarasi pilkada damai yang diikuti seluruh pasangan calon bupati dengan wakil bupati setempat.

"Rencananya akan kita laksanakan Jumat (23/8) nanti," kata Anggota KPU Kabupaten Batubara Donni Harahap di Medan, Rabu.

Dalam deklarasi pilkada damai tersebut, pihaknya akan mengundang seluruh pasangan calon disertai tim pemenangan masing-masing kandidat.

Selain itu, pihaknya juga akan mengundang seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) di Kabupaten Batubara, perwakilan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, serta tokoh masyarakat untuk menyaksikan deklarasi tersebut.

Ia menjelaskan KPU menyiapkan dokumen tertulis berisi kesiapan untuk menyelenggarakan pilkada secara damai yang akan ditandatangani seluruh pasangan cabup dengan cawabup Batubara.

Kegiatan itu, katanya, dilakukan agar semua pasangan, termasuk tim pemenangannya, dapat mengikuti seluruh tahapan pilkada dengan damai dan tidak melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Deklarasi pilkada damai tersebut merupakan kelaziman untuk menuntut komitmen seluruh pihak mewujudkan proses demokrasi dan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat.

"Masyarakat diperbolehkan untuk menyaksikan deklarasi pilkada damai itu," katanya.

Pilkada Batubara diikuti enam pasangan cabup dengan cawabup, yakni Gong Matua Siregar-Achmad Dani(nomor urut 1) yang mendaftar dari jalur perseorangan.

Pasangan Zulkarnain-Masyitah (2) yang didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP), Kurnia Gunawan-Nurmala (3) yang didukung Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Pasangan Yahdi Khair Harahap-Syarkowi Hamid (4) yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Matahari Bangsa (PMB), Zahir-Suriono (5) yang didukung PDI Perjuangan, Partai Republika Nusantara, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selain itu, pasangan OK Arya Zulkarnain-Harry Nugroho (6) yang juga mendaftar dari jalur perseorangan. ***1***
(T.I023/B/M.H. Atmoko/M.H. Atmoko)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013