Lubuk Pakam, Sumut, 1/8 (Antara) - Kepolisian Resor Deli Serdang siap mengamankan titik-tik rawan yang akan dilalui pengemudi lalu lintas terutama para pemudik, agar selamat selama menempuh perjalanan.

"Seluruh aktivitas masyarakat dalam perayaan Lebaran atau Idul Fitri 1434 Hijriah juga menjadi salah satu titik fokus dalam Operasi Ketupat Toba," kata Kapolres Deli Serdang AKBP Dicky Patria Negara di Lubuk Pakam, Kamis,
Ia mengatakan saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba di halaman Mapolres Deli Serdang dengan Irup Kapolres Deli Serdang AKBP Dicky Patria Negara.

Apel gelar pasukan ini diawali dengan pemeriksaan pasukan operasi ketupat 2013 yang terdiri dari barisan TNI/Polri, Dinas perhubungan, Satpol PP, Bankom, PMI dan Kesehatan serta penyematan secara simbolis pita tanda operasi kepada petugas.

Kapolres Deli Serdang AKBP Dicky Patria Negara selaku Irup menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Timur Pradopo mengatakan bahwa perayaan Hari Raya Idul Fitri selalu ditandai dengan meningkatnya aktivitas di pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan tempat rekreasi itu.

Selain itu, terdapat pula tradisi mudik yang dipredeksi akan mendorong peningkatan mobilitas manusia, kendaraan dan barang, aktivitas tersebut berimplikasi pada munculnya berbagai potensi kerawanan, baik dari segi kriminalitas maupun kamseltibcarlantas.

Oleh karena itu, guna menjamin keamanan dan keselamatan pada kegiatan tahunan ini, Polri didukung kekuatan TNI, instansi terkait dan segenap masyarakat menggelar Operasi Ketupat-2013 selama 16 hari dengan mengedepankan kegiatan Pre-Emtif, Preventif dan penegakan hukum.

Pengamanan ini mengutamakan tindakan pencegahan, yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, guna memberikan perlindungan ,pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Melalui operasi ini diharapkan dapat terwujud kondisi Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman, ditandai dengan berkurangnya angka kecelakaan lalulintas, korban meninggal dunia, titik kemacetan serta lancarnya arus lalulintas khususnya pada saat arus mudik dan arus balik.

Di samping itu situasi kamtibmas yang kondusif hendaknya terus ditingkatklan, ditandai dengan tidak terjadinya kejahatan yang menonjol dan meresahkan masyarakat serta turunnya angka kriminalitas dibandingkan dengan pelaksanaan operasi ketupat tahun lalu.

Usai apel gelar pasukan operasi ketupat 2013 tingkat Kabupaten Deli serdang dilanjutkan dengan pelepasan seluruh personel ke pospam masing-masing yang menyebar diseluruh Kabupaten Deli Serdang. (KR-JRD)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013