Batu Bara, 30/7 (Antarasumut) - Bupati Batu Bara, OK. Arya Zulkarnain berharap para pensiunan pegawai negeri sipil dari jajaran pemerintah kabupaten setempat terus berperan nyata di tengah masyarakat dan mampu menjadi agen perubahan untuk mewujudkan percepatan pembangunan.

"Kami berharap pensiunan (PNS) dapat terus berpartisipasi di tengah masyarakat sesui dengan kemampuannya masing-masing," katanya, di Lima Puluh, Senin (29/7).

Harapan tersebut disampaikan Arya Zulkarnain pada acara penyerahan penali kasih dan piagam penghargaan kepada 117 orang pensiunan PNS Pemkab Batu Bara.

Keberadaan pensiunan PNS, menurut dia, memiliki posisi yang sangat vital sebagai agen perubahan di lingkungan masyarakat yang begitu cepat dan harus peka terhadap setiap permasalahan yang muncul di masyarakat.

"Pensiunan PNS agar dapat memposisikan diri di masyarakat seperti kehidupan kumbang (tawon), dimana kumbang selalu menghisap atau menelaah sari bunga yang berarti menjadi contoh untuk tetap mendapatkan penghasilan yang bagus atau rezeki yang baik," ujarnya.

Terkait dengan filosofi itu, Arya menyatakan yakin pensiunan PNS tidak akan pernah berbuat yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat, baik dari nilai agama maupun budaya, sosial dan lainnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Batu Bara, Saut Siahaan, mengatakan bahwa penali kasih diberikan kepada 117 orang PNS yang telah memasuki masa pensiun terhitung mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2012.

"Pemberian penali kasih kiranya dapat menjadi pemicu semangat bagi para pensiunan PNS dalam beraktivitas di tengah masyarakat," tambahnya.(AS).

Pewarta: Ahmad Suhaimi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013