Medan, 21/7 (Antara) - Pemerintah Kota Medan menyiapkan sebanyak 31.550 paket Lebaran untuk pegawai negeri sipil serta pensiunan di jajaran pemerintahan kota itu, dan bisa diambil mulai Selasa (23/7), di tiga lokasi yang disiapkan.

"Untuk masing-masing dinas, kepala dinas yang bersangkutan bisa mengambil paket Lebaran sesuai dengan jumlah pegawai yang dipimpinnya secara kolektif. Setelah itu, paket Lebaran dibagikan satu persatu kepada para pegawai di SKPD-nya masing-masing," kata Pelaksana tugas Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin di Medan, Minggu.

Hal itu ia katakan saat meninjau gudang tempat penyimpanan paket lebaran untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan di lingkungan Pemko Medan di Jalan Letda Sujono Medan.

Selain untuk memastikan makanan dan minuman paket lebaran sesuai standar dan layak konsumsi, juga ingin melihat sejauh mana persiapan yang telah dilakukan, sebab, mulai Selasa (23/7), paket lebaran sudah dapat diambil di tiga lokasi yang telah ditetapkan.

Begitu tiba di lokasi, Eldin langsung memeriksa proses pengepakan yang berada di ruang belakang. Ketika itu sejumlah pekerja tengah. mengepak sirup, roti kaleng, gula dan minyak goreng dalam kotak.

Eldin selanjutnya memeriksa makan dan minuman yang hendak dimasukkan dalam kotak. Selain melihat bentuknya, dia juga memastikan tanggal expired makanan dan minuman itu tidak kadaluarsa.

Setelah memastikan aman, Eldin pun kemudian minta satu kotak paket yang sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya dia pun memeriksa satu persatu isinya mulai dari sirup setengah lusin dalam satu kotak, 2 liter minyak goreng kemasan, 1 kaleng roti dan 5 kilogram gula pasir yang terbungkus dalam lima kemasan.

Menurut Eldin, peninjauan ini dilakukan agar Pemkot Medan tidak kecolongan lagi, sebab isi paket lebaran yang dibagikan tahun lalu sangat mengecewakan para pegawai maupun pensiunan karena di bawah standar.

"Jadi tahun ini kita tidak mau kecolongan lagi. Isi paket yang akan dibagikan kepada para pegawai maupun pensiunan nanti harus sesuai standard dan layak konsumsi. Alhamdulillah, setelah kita cek dan periksa dengan teliti, isi paket cukup baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan Bagian Aset dan Perlengkapan," katanya.

Ia mengatakan pembagian paket lebaran ini merupakan satu kerja yang harus disadari dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

"Saya tidak mau ada kecurangan dalam penyediaan paket lebaran dimana isinya di bawah standar yang telah disepakati bersama. Saya ingin paket lebaran tahun ini benar-benar sesuai standar dan sangat layak konsumsi," katanya.

Selanjutnya untuk mengantisipasi terjadinya antrian bagi para PNS, terutama pensiunan yang hendak mengambil paket lebaran, Eldin mengatakan Pemkot Medan telah menetapkan tiga lokasi pengambilan yakni di Jalan Letda Sujono, Jalan Gagak Hitam/Ringroad serta di Kecamatan Marelan.

Dengan ditetapkannya tiga lokasi pengambilan, warga tinggal memilihi dimana lokasi yang terdekat dengan kediamannya masing-masing.(KR-JRD)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013