Rantau Prapat, 11/6 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, memberikan beasiswa kepada 420 orang lulusan SLTA sederajat berprestasi di daerah itu yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2013 melalui jalur undangan.

"Untuk tahun ini, kami memberikan bantuan pendidikan atau beasiswa bagi lulusan SLTA sederajat yang berhasil masuk PTN melalui jalur undangan," kata Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar, di Rantau Prapat, Selasa.

Acara penyerahan paket beasiswa bagi lulusan SLTA sederajat berprestasi tersebut telah dilaksanakan oleh Pemkab Labuhan Batu di Rantau Prapat, pada Senin (10/6).

Menurut dia, pemberian beasiswa kepada 420 orang calon mahasiswa PTN itu merupakan bagian dari tekad dan komitmen Pemkab Labuhan Batu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus memacu percepatan pembangunan pendidikan di daerah itu.

Besaran bantuan pendidikan yang diberikan kepada masing-masing calon mahasiswa PTN asal Labuhan Batu tersebut bervariasi, yakni antara Rp4 juta hingga Rp6 juta per tahun.

"Bantuan pendidikan yang diberikan bervariasi, tergantung dari masing-masing fakultas yang diikuti, yakni antara Rp4 juta hingga Rp6 juta per orang," tambahnya.

Hal ini didasarkan atas pertimbangan besaran biaya dan kebutuhan masing-masing mahasiswa di masing-masing fakultas.

Dikatakan Tigor, jumlah lulusan SLTA sederajat yang berhasil diterima di berbagai PTN terkemua di Indonesia tahun 2013 meningkat dibanding tahun 2012.

"Dari data yang ada, terjadi peningkatan sebesar 20 persen siswa Labuhan Batu yang masuk PTN dibanding tahun lalu," ujar dia.

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013