Langkat, Sumut, 4/6 (Antara) - 260 pelajar SMA, SMK, kabupaten Langkat Sumatera Utara yang mengikuti ujian nasional dan dinyatakan lulus berhasil diterima masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan.

"Cukup banyak pelajar SMA, SMK yang diterima melalui jalur undangan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat Sujarno di Stabat, Selasa.

"Ini suatu prestasi yang cukup membanggakan bagi dunia pendidikan dimana para siswa yang diterima untuk melanjutkan pendidikan ke universitas negeri cukup banyak," katanya.

Sujarno mengungkapkan 260 pelajar itu berasal dari 20 SMA, dan tiga SMK yang ada, kemungkinan juga masih ada yang diterima namun belum melaporkan.

Adapun sekolah yang terbanyak diterima siswanya melalui jalur undangan yaitu SMA Negeri 1 Babalan sebanyak 66 siswa, diantaranya diterima di USU 31 orang, Unimed 12 orang, Unsiah 10 orang, IPN tiga orang, AK Migas empat orang.

Selain itu SMA Negeri 1 Stabat,yang diterima melalui jalur undangan ini di USU 11 orang, Unimed 16 orang, Unsiah empat orang, IPB tiga orang, Unimal empat orang, Unsri, Brawijaya masing-masing satu orang.

Sujarno juga mengungkapkan SMA Negeri 1 Tanjungpura diterima 22 orang, SMA Negeri 1 Binjai diterima 22 orang, SMA Persipan Stabat diterima 15 orang, SMA Negeri Pangkalan Susu 12 orang, SMA Negeri 1 Padang Tualang 10 orang dan SMA Negeri 1 Brandan Barat sembilan orang.

Sedangkan untuk SMK yang diterima melalui jalur undangan ini antara lain SMK Negeri 1 Tanjungpura sembilan orang, SMK Negeri 1 Stabat empat orang, dan SMK Putra Jaya Stabat empat orang.

Masuknya pelajar Langkat ini melalui jalur undangan tersebut sangat diapresiasi Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu, katanya.

"Bupati merasa bangga atas keberhasilan para siswa ini diterima melalui jalur undangan di berbagai perguruan tinggi negeri yang ada," ujar Sujarno.

Diharapkan mereka akan menjadi pelopor pendidikan masa yang akan datang, untuk menjadikan bumi Langkat terus berkembang ke arah pendidikan yang lebih baik.

"Ini memberikan dorongan buat instansinya untuk terus berbuat menjadikan para siswa untuk semakin lebih banyak lagi diterima di berbagai perguruan tinggi," katanya.***4***

Nurul H

(T.KR-IFZ/B/N. Hayat/N. Hayat) 04-06-2013 16:19:40

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013