Medan, 5/5 (antarasumut) - Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2013 yang akan digelar di Medan, pada 24-28 Mei, disemarakkan dengan berbagai acara, di antaranya kirab budaya nusantara.

Keterangan yang dihimpun antarasumut.com dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota Medan, di Medan, Minggu (5/5), menyebutkan, kirab budaya yang akan dikuti sejumlah orang berpakaian khas daerah di nusantara tersebut merupakan salah satu dari tujuh kegiatan yang akan menyemarakkan PIN 2013.

Selama penyelenggaraan kirab budaya nusantara akan digelar parade beca pariwisata yang direncanakan membawa penumpang dari kalangan pejabat, antara lain Menteri Kominfo Tifatul Sembiring, para gubernur, serta para pejabat Muspida Provinsi Sumut dan Kota Medan.

Beberapa kegiatan lainnya, yakni pameran seputar perkembangan pembangunan komunikasi dan informasi yang akan diikuti seluruh provinsi, BUMN, BUMD, UMKM, provider telekomunikasi, dan sejumlah instansi lainnya.

Kegiatan PIN 2013 yang akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan itu, juga akan akan diisi dengan temu wicara antara Menteri Kominfo, Gubernur Sumut, dan Walikota Medan dengan kelompok radio komunitas, kelompok informasi masyarakat, dan kelompok media tradisional.

Selanjutnya, perlombaan, seminar, pertemuan Badan Koordinasi Humas Regional I Sumatera yang digear di Medan dan Kabupaten Karo, serta dirangkai dengan pertunjukan seni dan hiburan rakyat.

Momentum penyelenggaraan POIN 2013 tahun 2013 diharapkan ikut menambah pemahaman sekaligus pengetahuan masyarakat di daerah ini tentang berbagai kemajuan yang telah dan sedang dilaksanakan pemerintah, termasuk Pemko Medan di bidang komunikasi dan informasi.

Terkait dengan persiapan penyelenggaran PIN tahun 2013, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Darusalam Pohan bersama staf telah mengikuti rapat koordinasi dengan jajaran pimpinan Kementerian Kominfo, di Jakarta, Jumat (3/5).

Penyelenggaran PIN Tahun 2013 ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2013.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2013, yaitu “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Wujudkan Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasra 1945 Menuju Indonesia Yang Maju dan Modern Dalam Bingkai NKRI”.(rel)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013