Medan, 17/4 (Antara) - Pemerintah Kota Medan "belajar" ke Kota Surabaya, Jawa Timur, agar lebih siap membantu Sumatera Utara sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik 2013.

"Pemkot Medan harus lebih dini mempersiapkan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC 2013. Pemkot Medan sudah mengirim tim ke Surabaya untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan terkait dengan penyelenggaraan konfrensi tersebut," kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap usai simulasi penanggulangan teror di Kantor Wali Kota Medan, Rabu.

Simulasi itu adalah salah satu bentuk nyata kesiapan Pemkot Medan menghadapi pertemuan APEC di Medan.

Menurut dia, dengan dipercayanya Sumut sebagai tuan rumah APEC 2013, menunjukkan bahwa Medan yang merupakan ibu kota Provinsi Sumut benar-benar sudah menjadi daerah wisata konvensi yakni gabungan kegiatan bisnis dan wisata.

Infrastruktur khususnya hotel yang memadai merupakan salah satu keunggulan yang mendorong cepatnya Kota Medan menjadi wisata konvensi.

"Pemkot Medan berharap bisa menjadi yang terbaik dalam menjamu peserta  APEC  sehingga sejak awal semua dipersiapkan termasuk belajar ke Surabaya," katanya.

Pertemuan APEC di Medan bukan hanya bisa menjadi promosi pariwisata secara gratis tetapi juga untuk menarik investasi yang lebih banyak sehingga bisa memicu peningkatan perekonomian dan mengurangi angka pengangguran, katanya.

Kepala Kepolisian Daerah Sumut, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, mengatakan, keamanan Sumut hingga dewasa ini masih cukup terkendali, namun harus tetap dikawal agar kekondusifannya terjaga khususnya saat ada kegiatan besar lokal, nasional dan internasional seperti APEC.***3*** yuliastuti (T.E016/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti) 17-04-2013 18:26:10

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013