Deli Serdang, 8/4 (Antarasumut) - Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (SPPT-DHKP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan Tahun Anggaran (TA) 2013  Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp 155 miliar lebih kepada 22 Camat se-Kabupaten Deli Serdang di Balairung Pemkab Deliserdang di Lubuk Pakam, Senin (8/4).

Penyerahan SPPT-DHKP PBB TA 2013 dihadiri Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (PKD) Drs H Hasbi Budiman, mewakili Kepala BPN Deli Serdang, BRI Cabang Lubuk Pakam, Kantor Pos serta Camat se Deliserdang bersama Kepala Desa dan Lurah serta sejumlah undangan lainnya.

Wabup H Zainuddin Mars dalam arahan menekankan agar camat jangan hanya duduk dibelakang meja saja.Tapi lakukan berbagai terobosan bersama pihak terkait untuk menjadikan tugas sebagai bagian terpenting yang harus diselesaikan mengingat penerimaan dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) sudah menjadi bagian dari pajak daerah yang dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

Penyampaian SPPT-DHKP PBB Pedesaan dan Perkotaan merupakan tugas rutin yang harus dilaksanakan setiap tahunnya.Namun pada pelaksanaan tahun ini memiliki makna khusus karena dilakukan bertepatan pada tahun kedua masa peralihan pengelolaannya dari pemerintah pusat ke daerah sebagai upaya menghimpun dana pembangunan yang berasal dari masyarakat yaitu PBB pedesaan dan perkotaan, kata Wabup.

Ia mengatakan untuk Tahun 2013 penerimaan PBB sektor pedesaan dan perkotaan untuk daerah Kabupaten Deli Serdang mengalami kenaikan dari Rp 130 miliar lebih pada tahun 2012 menjadi Rp 155 miliar lebih pada tahun 2013 atau naik lebih kurang 20 persen.

Adanya kenaikan tersebutmenurut dia menuntut semua pihak untuk bekerja keras dan sungguh-sungguh bagi memberhasilan pencapaiannya, seiring diberlakukannya UU nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Karenanya untuk mencapai target Tahun Anggaran 2013, para Camat hendaknya lebih pro aktif dalam menanggulangi berbagai permasalahan yang ditemui di lapangan.

Salah satu yang harus dilakukan camat adalah terlaksananya intensifikasi dan eksentifikasi pemasukan PBB dengan sebaik-baiknya melalui pengaktifan tim intesifikasi kecamatan, sebaut Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup kepada seluruh camat mengingatkan bahwa tahun 2013 benar-benar dapat dijadikan sebagai tahun kebangkitan pembangunan di Kabupaten Deliserdang.

Karena tahun ini (2013-red) merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati terpilih 2009-2014  dan tahun kedua PemkaDeliserdang mengelola sendiri penerimaan PBB pedesaan dan perkotaan.

Sebelumnya Sekretaris Dinas PKD Drs H Suherman dalam laporan menjelaskan sebagai upaya untuk merealisasikan penerimaan PBB Tahun 2013 dengan target Rp 155 miliar lebih telah dilakukan beberapa kegiatan seperti pemutakhiran data objek PBB pedesaan dan perkotaan bekerjasama dengan dinas/instansi dan pihak terkait lainnya dalam penilaian objek PBB dan penagihan tunggakan pajak.

Memonitor penyampaian SPPT-PBB kepada seluruh wajib pajak.Camat membuat sususnan tim intensifikasi kecamatan dalam penyampaian SPPT-PBB dan merealisasikan sesuai dengan target.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013