Batubara, 18/3 (antarasumut)- Sebanyak 200 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batubara mengikuti pengambilan sumpah/janji yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Batubara-Lima Puluh, Senin.

Acara dihadiri Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM,ketua DPRD Batubara Selamat Arifin MSi,Sekdakab T.Erwin SE,staf ahli Bupati,asisten,kepala dinas,badan,bagian,satuan,kantor,Camat se Batubara.

Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM mengatakan, sumpah/janji PNS adalah pernyataan kesanggupan untuk melakukan suatu keharusan atau tidak melakukan suatu larangan.

"Sumpah merupakan kode etik dari setiap PNS sehingga jangan dipandang sebagai formalitas atau tidak mempunyai makna apapun," katanya.

Menurut dia, PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat harus menjadikan sumpah sebagai kontrak sosial kepada masyarakat.Harapan masyarakat terhadap pejabat birokrasi sangat besar,untuk itu dituntut keseriusan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Tuntutan tersebut jelasnya, antara lain profesionalisme dan out put kerja yang baik.
"Melalui sumpah yang dilakukan tersebut hendaknya saudara lebih profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan lebih tanggap,cermat,cerdas serta bijaksana untuk menyikapi segenap permasalahan yang ada baik dalam lingkungan pekerjaan kedinasan maupun permasalahan yang timbul di masyarakat," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada Tahun 2013 seluruh PNS Pemkab Batubara harus bertempat tinggal dan menjadi penduduk Batubara agar lebih fokus dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan dan merasa ikut bertanggung jawab dalam upaya menggapai cita-cita masyarakat yang sejahtera dan berjaya,ucapnya.

Sedangkan Kepala BKD Saut Siahaan SE didampingi sekretaris Drs Abdul Rahim dan kabid disiplin Drs Safril MSi menjelaskan sumpah janji yang dilaksanakan PNS merupakan keharusan yang mesti dilaksanakan.

Sebanyak 200 PNS yang melaksanakan sumpah janji terdiri dari guru 105 orang, golongan III berjumlah 104 orang dan golongan II hanya seorang,tenaga kesehatan golongan III sebanyak 7 orang. Selanjutnya golongan II berjumlah 69 orang,tenaga tekhis golongan II berjumlah 11 orang dan golongan III berjumlah 11 orang juga,pungkasnya.(ril)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013