Medan, 22/2 (Antara) - Prof Harmein Nasution dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Universitas Sumatera Utara (USU) dalam bidang Ilmu Rekayasa SDM (Human Engineering) pada Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri tertua di Pulau Sumatera itu.

"Dengan upacara pengukuhan ini, maka secara resmi saudara telah diterima sebagai Anggota Tetap Dewan Guru Besar USU," kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu pada Upacara Pengukuhan Prof Harmein Nasution sebaga Guru Besar Tetap USU di Medan Jumat.

Lebih lanjut Syahril mengatakan sebagaimana amanat pasal 49 UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, profesor merupakan jabatan akademik tertinggi pada satuan pendidikan tinggi yang mempunyai kewenangan membimbing calon doktor.

Dalam kapasitas ini, tentu untuk memandang gelar profesor bukanlah satu pekerjaan yang mudah, namun harus melewati berbagai prosedur dan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Di antara ketentuan yang mesti dipenuhi tersebut adalah beban kerja dosen yang mencakup beberapa kegiatan pokok yakni merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, membimbing dan melatih.

"Kemudian melakukan penelitian, melakukan tugas tambahan, serta melakukan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Dengan melewati prosedur tersebut dan atas dukungan karakter etika dan moral, lanjut dia, maka seorang Guru Besar atau profesor yang dikukuhkan merupakan figur individu yang patut menjadi suri tauladan, terutama dalam hal kemampuan akademik maupun dalam hal sikap dan perilaku.

Dengan upacara pengukuhan ini, maka secara resmi Prof Harmein Nasution telah diterima sebagai anggota tetap Dewan Guru Besar USU dan pemikiran-pemikiran untuk mengembangkan dan memajukan USU di masa mendatang sangat.

"Harapannya kedepan dengan pengukuhan ini akan dapat menghasilkan karya-karya yang berskala besar dan perlu diingat bahwa profesor memiliki kewajiban khusus untuk menulis buku dan karya ilmiah, serta dapat menyebarluaskan gagasannya untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat," katanya. ***4*** Biqwanto (T.KR-JRD/B/B. Situmorang/B. Situmorang) 22-02-2013 12:09:50

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013