Magelang, 26/1 (ANTARA) - Ratusan anjing ras dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri mengikuti "International Dog Show" di Kota Magelang.

Kontes anjing yang berlangsung pada 26-27 Januari 2013 tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsing di Gedung Tribhakti Magelang, Sabtu.

Ketua Panitia Pelaksana International Dog Show yang juga Direktur Armada Town Square (Artos), Amelia Wahyadiyatmika, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kontes anjing pertama di Magelang.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk sarana edukasi yang menggali pengetahuan terhadap anjing yang mempunyai sifat unik dan berbeda antara jenis satu dengan jenis lainnya
Selain itu, kegiatan ini sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Ia menyebutkan, terdapat sekitar 240 anjing berbagai ras ikut dalam kontes ini, antara lain dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Thailand, dan Malaysia.

Ia menuturkan dalam kontes anjing kali ini ada tiga jenis lomba, yakni karyaguna, ketangkasan, dan dog show.

"Agar penilaian lebih netral, kami mendatangkan dua juri dari Australia dan dua juri dari Kanada," katanya.
Rustriningsih dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan para pecinta dan penggemar anjing ras dalam meningkatkan mutu atau kualitas anjing, khususnya di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia mengatakan, pemelihara anjing dengan mencurahkan kasih sayang sepenuh hati dapat mengurangi stres.
Selain sebagai sarana hiburan, katanya, ternyata hobi ini bisa menggali prestasi besar yang bisa didapat dengan dukungan yang dilakukan.

Menurut dia, pemeliharaan anjing ras ini juga membuka peluang usaha serta membuka lapangan pekerjaan yang dapat membantu pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013