Medan, 26/1 (ANTARA) -Ekspor ikan dan udang Sumatera Utara semakin pulih termasuk ke Amerika Serikat yang masih dilanda krisis.

"Awal tahun ini berdasarkan data sementara ekspor golongan barang itu masih cukup bagus setelah di sepanjang 2012 nilai ekspor naik 6,62 persen dibandingkan tahun 2011," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Suharno di Medan, Sabtu.

Dia tidak merinci volume dan nilai ekspor ikan dan udang awal tahun ini dengan alasan masih belum akurat. Yang pasti ekspor golongan barang itu tren membaik, katanya.

Sementara pada tahun lalu hingga November, nilai ekspor ikan dan udang Sumut itu mencapai 200,913 juta dolar AS dari 188,434 juta dolar AS di 2011.

Ekspor ikan dan udang itu antara lain ditujukan ke Jepang dan termasuk ke Amerika Serikat (AS) yang masih dilanda krisis.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut.

Syofyan Subang menyebutkan meski tren naik tetapi ekspor ikan dan udang Sumut itu belum pulih dibandingkan tahun 1990an.

Dewasa ini permintaan semakin banyak tetapi sebaliknya pasokan di dalam negeri lagi sulit sehingga ekspor tidak bisa banyak.

Pasokan yang ketat itu faktor cuaca yang membuat hasil tangkapan berkurang. ***3***

(T.E016/C/R007/R007)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013