Tanjung Redeb, 24/1 (ANTARA) - Letkol Hendri Sembiring resmi menjabat Komandan Kodim (Dandim) 0902/Tanjung Redeb (TRD) Kabupaten Berau menggantikan Letkol Rabimin yang telah bertugas selam setahun sembilan bulan.

"Pergantian pejabat atau pemimpin merupakan hal wajar bahkan suatu keharusan bagi organisasi yang akan terus berkembang dan berlangsung pada setiap periode dan waktu tertentu," ungkap Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi dalam sambutan tertulisnya, Rabu (23/1).

Sebab, menurut Danrem, dalam sistem pembinaan organisasi, faktor kualitas SDM yang baik dapat membawa organisasi berkembang seiring dinamika kehidupan masyarakat dan lingkungan strategis.

Untuk itu, katanya, pimpinan Kodim 0902/TRD, dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan akomodatif serta tanggap terhadap perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan kompleks.

Guna penyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah untuk kepentingan Negara, Kodim melalui pimpinannya memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pembinaan teritorial.

Usai upacara Setijab, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan seluruh jajaran perwira Kodim dan TNI lain yang ada di Berau serta unsur Muspida Pemkab Berau.

Wakil Bupati Berau Ir Ahmad Rifai MM mengatakan, Pemkab kehilangan sosok pimpinan Kodim yang begitu akrab dan kehadirannya di Bumi Batiwakal sangat membantu pembangunan yang diselenggarakan Pemkab Berau.

"Tidak sedikit jasa dan prestasi beliau selama bertugas di sini, mulai saat menjabat Danyon Armed hingga menjadi Dandim, salah satunya upaya pembebasan lahan parkir terminal baru bandara Kalimarau, kalau tidak bantuan beliau mungkin sampai sekarang tidak selesai-selesai," ungkap Wabup.

Termasuk prestasi membawa Kodim 0902 menjadi Kodim terbaik se Indonesia dalam lomba Binter 2012 lalu.

Hal itu, menurut Wabup, menunjukkan sikap kepemimpinan dan sahaja seorang Rabimin yang mampu membaur di masyarakat.

"Beliau tidak memosisikan diri sebagai seorang pimpinan TNI, melainkan membaur di masyarakat. Kepada Dandim baru saya sampaikan ini bukan meminta bapak menjadi seperti Beliau melainkan mari kita terus pererat jalinan kerja sama yang sudah ada," tandas Wabup.

Sementara dalam sepatah kata di kesempatan yang diberikan, Letkol Rabimin menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Berau yang selama ini sudah mendukung Kodim. Khusus untuk seluruh jajaran Kodim, dirinya mengaku bukan apa-apa tanpa dukungan bawahannya.

"Saya berharap ke depan melalui kepemimpinan Dandim baru apa yang sudah terbina selama ini bisa diteruskan bahkan ditingkatkan," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum menjabat sebagai Dandim, Rabimin sebelumnya menjabat sebagai Danyon Armed 18/105 selama 2,5 tahun.

Selanjutnya, Rabimin akan menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Kodam VI Mulawarman.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013