Medan, 1/1 (ANTARA) - Puluhan ribu warga Medan menyaksikan hiburan pesta rakyat pada malam Tahun Baru 2013 yang digelar di Lapangan Benteng Medan, Senin malam (31/12).

Hiburan gratis yang digagas Pemkot Medan pada malam pergantian tahun tersebut menampilkan artis dari ibukota Jakarta, yakni Trio Macan (Lia Ladysta, Iva Novanda dan Dian Aditya).

Grup vokal asal Jawa Timur itu membawakan tembang kesayangan mereka, yakni "SMS", Anak Medan dan lagu lainnya. Pengunjung yang datang meramaikan pesta rakyat itu antara lain berasal dari daerah Binjai, Belawan, Lubuk Pakam dan Tebing Tinggi.

Trio wanita cantik yang biasa menggenakan busana serba ketat itu menampilkan goyangan yang enerjik, sehingga puluhan ribu penonton terpana dengan berbagai penampilan yang dibawakan penyanyi tersebut.

Apalagi, grup vokal yang khusus didatangkan dari Jakarta itu, tidak hanya sekadar menghibur warga Medan, tetapi juga tampil bernyanyi bersama pengunjung di atas pentas.

Acara itu juga disemarakkan dengan hiburan tarian tor-tor sigale-gale, tari etnik Sumatera Utara yang dibina oleh Dinas Pariwisata Kota Medan.

Wali kota Medan, Rahudman Harahap dalam kata sambutannya pada malam tahun baru itu, memberikan apresiasi pada masyarakat yang telah mewujudkan keamanan yang mantap pada 2012.

"Diharapkan kekondusifan Kota Medan ini tetap dijaga, sehingga daerah ini akan semakin meningkat dikunjungi wiasatawan," kata Rahudman.

Usai dilaksanakan malam pergantian tahun baru 2013, Selasa, sekitar pukul 01.00 WIB, ratusan kembang api dengan berbagai jenis dan warna yang kemilau ditembakkan ke udara, sehingga suasana kota Medan semakin kelihatan terang dan menambah kesemarakan.

Para pejabat yakni Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, Wali kota Medan Rahudman Harahap, Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang bergandengan tangan bersama di atas pentas menyaksikan malam pergantian tahun 2013 itu, sambil melihat pesta kembang api.
Padat dan macet
Pantauan ANTARA, usai pelaksanaan kegiatan malam pergantian tahun 2013 di Lapangan Benteng Medan, ribuan warga yang ingin pulang ke rumah, terjebak macet di sejumlah jalan protokol di Kota Medan.

Warga yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua itu, terpaksa harus bersabar dan pelan-pelan di jalan raya yang padat dan mengalami macet, akibat membeludaknya masyarakat yang merayakan malam tahun baru 2013.

Beberapa orang petugas Satlantas Polresta Medan yang dikerahkan pada malam tahun baru itu terpaksa turun tangan mengatur jalan yang macet.

Sejumlah titik jalan yang terjebak macet, yakni Jalan Imam Bonjol, Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Kejaksaan, Jalan Diponegoro, Jalan Perdana, Jalan Pulau Pinang, Jalan Putri Hijau, Jalan Prof Yamin, Jalan Sisingamangaraja Jalan Letda Suyono dan lainnya.

Sementara itu, beberapa titik yang ramai dikunjungi warga Medan pada malam tahun baru 2013, yaitu Lapangan Benteng, Lapangan Merdeka, Kolam Raja, Istana Maimon dan beberapa tempat lainnya.

Selain itu, beberapa Kelurahan di Medan juga merayakan malam tahun baru itu, dengan menggelar hiburan rakyat berupa band dan musik keyboad dan tarian kreasi baru yang dibawakan para remaja.

Hingga Selasa pukul 03.00 WIB, suasana di Kota Medan dalam keadaan kondusif dan tidak ada peristiwa yang menonjol.***3***
(T.M034/B/H-KWR/H-KWR)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013