Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga suasana kondusif menjelang atau selama tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayah ini.

“Semakin dekat dengan hari penyelenggaraan Pilkada 2024, situasi aman damai dan kondusif perlu terus kita jaga, ini menyangkut nama baik Sumut," ujar Agus Fatoni, di Medan, Kamis.

Menurut dia, kesuksesan pesta demokrasi merupakan tanggungjawab bersama yang harus diwujudkan antara lain dengan menjaga stabilitas dan iklim yang kondusif.

"Dengan menjaga kondusivitas wilayah yang selama telah dibangun, pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses," kata dia.

Selama tahapan Pilkada 2024, Agus mengaku bahwa pihaknya bersama Fokopimda Sumut telah melakukan berbagai upaya menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Pihaknya telah melakukan deteksi dini kerawanan yang berpotensi dapat menghambat kesuksesan pilkada seperti bentrok antar-pendukung hingga ancaman kekerasan atau intimidasi.

"Banyak sekali kerawanan yang perlu diantisipasi bersama, mulai dari bentrok antar-pendukung hingga ancaman kekerasan atau intimidasi. Ini menjadi perhatian oleh pemerintah dan semua pihak, termasuk elemen masyarakat," kata dia.

Selain itu, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini meminta Forkopimda wilayah ini untuk terus memperkuat komunikasi dan koordinasi antarlembaga termasuk dengan elemen masyarakat.

“Peran ini tidak hanya Pemprov, namun dari sisi keamanan juga, TNI/Polri dan pihak lain juga berperan dalam menjamin keamanan," kata dia.

Dengan upaya itu, dia menyakini bahwa wilayah yang dipimpinnya dapat mewujudkan pilkada yang aman dan lancar sehingga menjadi barometer kesuksesan pesta demokrasi di Indonesia.

"Saya optimis Sumut bisa menjadi barometer Pilkada Serentak terbaik di Indonesia. Hal itu tentunya dapat terwujud apabila Pilkada serentak di Sumut berhasil berjalan dengan aman damai dan lancar," sebut dia.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah ini untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman, damai, sukses di Sumut.

"Mari kita jaga kondusivitas wilayah selama ini, sehingga menjadikan Pilkada Sumut barometer kesuksesan Pilkada di Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024