Untuk menciptakan pemilu yang adil, jujur dan berintegritas Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) mengajak kalangan wartawan di wilayah Kabupaten Padang Lawas bersinergi untuk melaksanakan pengawasan jalannya proses tahapan pilkada serentak tahun 2024. Baik ia pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumut, dan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Palas.

Ajakan itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat (HP2H) Bawaslu  Palas Hj. Ningtiasih saat acara sosialisasi pengawasan partisipatif peran media dalam pengawasan Pilkada tahun 2024 Kabupaten Padang Lawas, Selasa (22/10) siang.

Disamping itu, ia  juga meminta kepada para wartawan di Kabupaten Padang Lawas supaya turut berpartisipasi memberikan edukasi politik kepada masyarakat luas, termasuk pemilih dan peserta pemilihan melalui karya tulisan atau penyajian informasi berita dari media masing - masing untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu di Pilkada serentak tahun 2024 ini.

Serta mengajak masyarakat supaya bersama - sama mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 ini di Kabupaten Padang Lawas.

Sementara Ketua PWI Palas Atas Siregar di kesempatan ini mengingatkan agar para wartawan di Palas supaya tetap mentaati aturan kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas profesi.

Tujuannya, agar dalam penyajian berita terkait pilkada serentak tahun 2024 ini tidak ada pihak yang dirugikan atau tersakiti. Baik ia peserta pemilihan atau pihak lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada tahun 2024 ini.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Palas Alex Sabar Nasution mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan narasumber atas kehadiran mereka di acara ini.

Ia berharap, pasca kegiatan ini para wartawan sebagai peserta acara itu, dapat menjadi corong pihaknya untuk memberikan edukasi politik kepada masyarakat luas di Palas. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. Dan, untuk menciptakan bersama pelaksanaan pilkada yang adil, jujur dan berintegritas di Kabupaten Padang Lawas.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Penasehat PWI Palas H. Idaham Butar - butar sebagai narasumber.

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024