Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) bekerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menggelar kegiatan launching kampung pengawasan untuk pilkada serentak tahun 2024, di Desa Sidomulio, Kecamatan Barumun Selatan, Minggu (20/10) siang.

Ketua Bawaslu Sumut Aswin Diapari Lubis mengatakan louncing kampung pengawasan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumut, serta Bupati dan wakil Bupati Palas tahun 2024 ini merupakan cikal bakal dari partisipasi masyarakat untuk menegakkan demokrasi.

Melalui kegiatan launching kampung pengawasan pilkada serentak desa Sidomulio itu, diharapkannya, dapat mendorong pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 yang adil dan jujur di Kabupaten Padang Lawas. Serta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mencegah dan mengawasi bersama pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 ini hingga berlangsung aman dan damai tampa ada pelanggaran pemilu ke depan.

,"Kita harapkan dari kegiatan ini rasa kebersamaan dan persaudaraan jangan sampai rusak karena ada perbedaan pilihan. Pupuk persatuan dan kesatuan, karena persatuan dan kesatuan harta termahal. Dan kita juga harus menjaga kerukunan di tegah - tengah masyarakat sebagai warisan dari para pendahulu kita,"tambah Katua Bawaslu Sumut Aswin Diapari.


Pj. Bupati Palas Ir. Ardan Noor mendukung pelaksanaan program kegiatan launching kampung pengawasan pilkada serentak tahun 2024 yang digelar Bawaslu Sumut dan Bawaslu Palas di Desa Sidomulio, Kecamatan Barumun Selatan ini.

Melalui kegiatan launcing kampung pengawasan itu tambahnya, dapat mempersempit ruang pelanggaran pemilu, dan memperbesar ruang terlaksananya pelaksanaan pilkada serentak yang adil dan jujur di Kabupaten Padang Lawas. 

"Jaga silaturrahmi. Jangan gara - gara perbedaan pandangan atau pilihan pilkada hubungan silaturrahmi dan persaudaran jadi rusak. Kita berharap dalam pilkada tahun ini dapat menghasilkan pemimpin terbaik untuk seluruh warga masyarakat Sumut, dan warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas ke depan,"tutur Ardan.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Palas Alex Sabar Nasution mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan di acara itu.

 Ia berharap, melalui kegiatan lanching kampung pengawasan ini partisipasi masyarakat untuk mencegah dan mengawasi bersama pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Padang Lawas dapat lebih optimal ke depan.

"Apabila ada dugaan pelanggaran pemilu sampaikan kepada kami agar segera ditindak lanjuti. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu. Salam awas!!!,"tandas Alex.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024