Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Bobby Nasution menyebut, bahwa gubernur atau kepala daerah harus berbuat mensejahterakan masyarakat, tidak cuma hadir di acara seremonial.
 
"Gubernur itu, harus ikut berbuat dan bekerja untuk daerahnya. Untuk masyarakatnya, tidak hanya hadir saat acara peresmian, gunting pita," kata Bobby, di Medan pekan ini.
 
Dalam deklarasi dukungan sekaligus peluncuran posko Relawan Lentera Kasih (Relasi) Bobby-Surya, pihaknya mengatakan, membangun daerah tidak boleh ada ruang kosong di setiap tingkatan. 
 
Artinya antara pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat harus terjalin kolaborasi maupun sinergi yang kuat.
 
Sebab, masyarakat tidak tahu pasti bagian-bagian mana menjadi tanggung jawab kabupaten/kota, provinsi maupun pusat, misalnya infrastruktur jalan.
 
"Saat saya ke daerah-daerah keluhannya itu sama, yaitu soal kekosongan di tingkatan provinsi. Jalan berlobang misalnya, mana tau masyarakat itu tanggung jawab kabupaten/kota, provinsi atau pusat. Yang mereka ingin jalannya bagus, itu aja," tuturnya.
 
Oleh karena itu, Bobby menyebut, peran pemerintah provinsi sangat dibutuhkan sebagai perpanjang tangan pemerintah pusat. 
 
"Tidak boleh ada ruang kosong, semua harus berperan. Jangan giliran yang bagus, ngaku-ngaku. Giliran ada keluhan masyarakat, jawabnya itu tanggung jawab kabupaten lah, pemerintah pusat lah," bilangnya.
 
Ketua Dewan Penasihat Relasi Bobby-Surya Sahat Sinurat mengungkapkan, bahwa pemerintah pusat telah memberikan prioritas bagi kemajuan Sumatera Utara.
 
"Kami juga melihat, dan kami perlu sampaikan disini, sepuluh tahun kepemimpinan Pak Jokowi sangat memberikan prioritas kepada Sumut," katanya. 
 
"Tapi bang, yang kita lihat bang, Pak Jokowi membangun Sumut dari pemerintah pusat, terkadang tidak bisa terlalu diimbangi oleh pemerintah provinsi," ujar Sahat.
 
Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) 20216-2018 meyakini, kepemimpinan Bobby-Surya dapat berkolaborasi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran memajukan Sumut.
 
"Nah, kita melihat ketika pemerintah pusat dilanjutkan oleh Prabowo-Gibran yang berkomitmen melanjutkan apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi, termasuk untuk Sumut," paparnya.
 
"Harus juga diimbangi oleh pemerintah provinsi yang siap bersinergi dengan pemerintah pusat, dan menurut kami bisa bersinergi adalah Bobby-Surya," tutur Sahat lagi.
 
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024