Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, meraih penilaian maksimal dalam evaluasi mandiri dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2024.
 
 
"Pemkot Medan dapat nilai maksimal lima poin dalam aspek layanan," ujar Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan M Agha Novrian, di Medan, Jumat.
 
Hal itu, lanjut dia, merupakan penilaian interview evaluasi SPBE Tahun 2024 dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
 
Pihaknya menyebutkan, bahwa Pemkot Medan mendapat nilai 3,7 poin atau meningkat dari tahun sebelumnya hasil penilaian sementara Kementerian PAN-RB.
 
"Hasil itu dapat kita tingkatkan lagi dengan cara melengkapi berkas yang diminta oleh tim penilai," katanya.
 
Agha kembali menyebutkan, Pemkot Medan meraih nilai tertinggi di aspek layanan dari sejumlah aspek yang menjadi penilaian SPBE tahun ini.
 
"Di aspek layanan kita mendapatkan nilai maksimal lima poin untuk skala lima, itu yang menjadi kekuatan penilaian SPBE kita," sebut dia.
 
Atas dasar tersebut, Agha optimistis penilaian SPBE Pemkot Medan Tahun 2024 ini akan meningkat jauh dari tahun sebelumnya.
 
"Saya berharap kita semua dapat bersama-sama meningkatkan nilai SPBE Pemkot Medan tahun ini," tutur Agha Novrian.
 
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PANRB Cahyono Tri Birowo mengatakan, bahwa evaluasi penerapan instansi pemerintah memasuki tahap penilaian interviu secara daring.
 
Pihaknya menyampaikan tahap penilaian itu dilakukan dalam menindaklanjuti hasil penilaian mandiri dan penilaian dokumen pada evaluasi SPBE Tahun 2024.
 
Cahyono juga menjelaskan, bahwa penilaian ini dilaksanakan pada 14-29 Oktober 2024, yang diikuti 599 Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD).
 
"Diharapkan tahap penilaian interview dapat dimanfaatkan para peserta untuk dapat meningkatkan nilai kematangan SPBE yang bisa menjadi capaian pemerintah saat ini dan pondasi pemerintahan yang akan datang," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Medan raih nilai maksimal evaluasi mandiri penerapan SPBE 2024

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024