Pencuri umumnya menyasar sepeda motor tak berkunci ganda dalam melakukan aksinya di Jakarta Selatan sehingga publik layak mewaspadai hal itu.  

"Mereka melakukannya acak, saat ada motor, dikunci stang dan tak pakai kunci ganda, cukup pakai kunci T, nyala dan dibawa sama dia," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Gogo Galesung kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Gogo mengatakan pihaknya telah memetakan lokasi pencurian seperti misalnya di parkiran supermarket, indekos, kontrakan maupun rumah yang diketahui terdapat motor.

"Misalnya ada orang pulang ke kosan, kontrakan atau rumah, kadang-kadang kunci ditinggal. Itu yang jadi sasaran dan mereka telah petakan lama," ujarnya.

Ia memberikan contoh, pada pencurian sepeda motor pada 14 Oktober 2024 sekitar pukul 05.15 WIB pada dua lokasi berbeda di Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan itu modusnya sama.

"Sepeda motor korban rata-rata tak berkunci ganda," katanya.

Kini, pelaku yang ditangkap inisial MAA berperan sebagai joki, membawa dan membonceng pelaku utama inisial AF (DPO), serta mengamati situasi.

Kemudian, inisial MI berperan sebagai penadah dan penjual sepeda motor curian dan inisial ES berperan sebagai penadah dan penjual sepeda motor curian.

"Inisial AF (DPO) saat ini masih dalam pengejaran, merupakan otak di balik aksi pencurian ini," ujarnya.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti berupa sepuluh unit sepeda motor.

Berdasarkan keterangan tersangka, mereka telah melakukan pencurian sebanyak 30 kali di wilayah Jakarta dan Depok selama enam bulan. Motor dijual sekitar Rp2,5 juta.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Polres Metro Jakarta Selatan berkomitmen untuk terus mengungkap kasus kejahatan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan setiap kejadian kriminal kepada pihak berwajib.

Penangkapan tiga pelaku merupakan hasil penyelidikan dari dua laporan polisi tertuang dalam LP/B/3184/X/2024/SPKT/POLRES METRO JAKSEL/POLDA METRO JAYA dan LP/B/3188/X/2024/SPKT/POLRES METRO JAKSEL/POLDA METRO JAYA, yang diterima pada 15 Oktober 2024.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pencuri sasar motor tak berkunci ganda di Jakarta
 
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024