Calon Bupati Samosir nomor urut 2 Vandiko Timotius Gultom menyapa warga Desa Hutarihit, Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir, Kamis (10/10). Dalam kunjungan disambut antusias warga itu, Vandiko berkeliling dan berbincang bersama warga yang bertempat tinggal di Dusun I, II dan III Desa Hutarihit, Nainggolan.

Kepada Vandiko, seorang warga sekitar D Rumapea (44) mengatakan kondisi jalan desa mereka yang selama ini mengalami kerusakan parah dan memprihatinkan yang dinilai sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas, berharap jika Vandiko terpilih kembali melanjutkan pembangunan sebagai Bupati Samosir untuk periode kedua tahun 2024-2029, untuk segera bisa memperbaiki kondisi jalan rusak di desa mereka.

"Semoga pak Vandiko bisa segera memperbaiki akses jalanan desa kami yang memprihatinkan. Pak Vandiko juga sudah melihat seperti apa kondisinya yang rusak. Aktivitas pekerjaan kami sebagai petani disini sangat terhambat," ucap Rumapea.

Hal serupa juga disampaikan Siringoringo (37) warga Hutarihit yang bertempat di daerah perbukitan tak jauh dari lokasi kegiatan, menginginkan adanya ketersediaan sarana air bersih di kampung mereka bisa sampai ke setiap rumah warga.

"Tinggal di daerah dataran tinggi seperti ini, membuat kami selalu kesulitan mendapatkan ketersediaan air bersih. Selama ini hanya bisa berharap dari air hujan. Kalau pak Vandiko bisa membuat sarana air bersih bagi kami seperti yang sudah ada di desa-desa lainnya yang dibuat pak Vandiko, tentu kami sangat bersyukur," harapnya.

Selain itu, Marudut (45) menyampaikan keinginan agar bangunan sekolah di desa mereka bisa direnovasi demi kenyamanan tempat belajar putra/i mereka.

Menanggapi aspirasi warga tersebut, Vandiko mengatakan, selama kepemimpinan nya sebagai Bupati Samosir periode 2019-2024, keterbatasan anggaran tidak membuat dirinya dan pemerintah daerah terhenti membangun Samosir bersama masyarakat. 

Bahkan, Vandiko yang berkomitmen untuk melanjutkan karir politiknya membangun Samosir untuk periode kedua tahun 2024-2029, berjanji akan terus berjalan melalui kreatifitas dengan menjalin sinergi bersama pemerintah provinsi maupun pusat yang membantu mendorong mewujudkan pembangunan Samosir yang inklusif dan berkelanjutan.

"Catatan saya ada tiga, bidang infrastruktur pembangunan jalan, pembangunan/renovasi sekolah serta penyediaan sarana air bersih. Untuk kondisi jalan, secara bertahap kita masih menjejaki terus sampai saat ini ke tiap desa meningkatkan infrastrukturnya. Terkhusus air bersih, memang jumlah SPAM kita masih kurang, sekarang masih terlaksana di beberapa desa. Tapi kita akan terus mengetuk pintu pemerintah atasan agar seluruh desa di Samosir nantinya memiliki pasokan air bersih," sebut Vandiko.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024