Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologis pada Jumat.

Hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut dapat terjadi di wilayah lereng timur, pantai timur, pegunungan dan pantai barat Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan Balai BMKG Wilayah I Medan Endah Paramita, di Medan, Jumat.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Hujan sedang berpotensi terjadi di Asahan, Batu Bara, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Tebing Tinggi, Langkat, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan dengan intensitas lebat disertai petir berpotensi di Karo, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas, Samosir, dan sekitarnya.

Sedangkan Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga Lebat disertai petir di Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 13-33 derajat Celcius dengan kelembaban udara 80-99 persen dan angin berhembus dari utara-selatan dengan kecepatan 4 – 19 km/jam.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024