Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan dua daerah di Aceh dipastikan melawan kotak kosong pada Pilkada serentak Aceh 2024, yaitu  Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Utara.

"Iya untuk daerah yang melawan kotak kosong itu yakni Pilkada bupati-wakil bupati Aceh Tamiang dan Aceh Utara," kata Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH, di Banda Aceh, Selasa.

Untuk calon bupati Aceh Tamiang, kandidat yang bakal melawan kotak kosong adalah pasangan Armia Fahmi-Ismail. Mereka diusung sembilan partai politik baik nasional maupun lokal.

Adapun pengusung Armia Fahmi-Ismail adalah Partai Aceh, Partai Nanggroe Aceh, NasDem, PAN, Demokrat, PKS, Golkar, PPP dan Gerindra.

Sedangkan untuk Aceh Utara, yang bakal melawan kotak kosong yaitu pasangan Ismail A Jalil (Ayah Wa) dan Tarmizi (Tarmizi Panyang). Keduanya merupakan kader Partai Aceh.

Pasangan ini mendapat diusung dan didukung 15 partai politik lokal maupun nasional yaitu Partai Aceh, PAS, SIRA, PNA, PDA, PKB, NasDem, PAN, Demokrat, PKS, Gerindra, PSI, PDI Perjuangan, PPP dan Golkar.

Agusni mengatakan, Aceh Tamiang sebelumnya juga ada pasangan yang mendaftar dari calon independen, tetapi mereka tidak memenuhi syarat karena pendaftaran dilakukan sudah melewati batas waktu.

"Kalau untuk Aceh Utara memang tidak ada lain yang mendaftar, jadi hanya ada satu calon yaitu Ismail A Jalil dan Tarmizi Panyang," demikian Agusni.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024