Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara menetapkan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati setempat yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Penetapan nomor urut ini melalui rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan yang digelar di Sekretariat KPU Tapsel di Sipirok, Senin.

Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar mengatakan penetapan dan pengundian rapat pleno terbuka tersebut diikuti peserta, partai politik pengusung, tim kampanye dan unsur pemangku kebijakan terkait.

Adapun hasil undian tersebut, pasangan Gus Irawan Pasaribu-Jafar Syahbuddin Ritonga mendapatkan nomor urut 1 dan Dolly Pasaribu-Parulian Nasution mendapat nomor urut 2.

"Pengundian nomor urut langsung dilakukan oleh kedua pasangan calon, dan disaksikan para LO masing-masing tim pemenangan," ujar Zulhajji.

Dia menjelaskan setelah selesainya pengundian dan penetapan nomor urut ini, maka masing-masing pasangan calon dapat melakukan kampanye mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Zulhhaji pun berharap masa kampanye akan dijalankan pasangan calon dengan tetap menaati peraturan dan ketentuan berlaku, baik kampanye terbuka maupun tertutup, termasuk saling menjaga dan menghormati antar pasangan calon dan pendukung.

"Kami berharap seluruh tahapan Pilkada 2024, dapat berjalan dengan lancar dan semua pihak bisa menjaga kondusifitas selama proses pemilihan berlangsung," ujar dia.

Pada Pilkada 2024, pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin diusung oleh 12 partai yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, Hanura, Nasdem, PPP, PSI, PKN, PKS, PKB, dan Demokrat. Sedangkan pasangan Dolly - Parulian akan bertarung melalui jalur perseorangan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024