Tujuh partai politik (parpol) bersama belasan ribu warga dari sembilan kecamatan tersebar di Kabupaten Samosir tak terbendung mengantarkan bakal pasangan calon (bapaslon) bupati/wakil bupati Kabupaten Samosir, Vandiko Timotius Gultom - Ariston Tua Sidauruk saat melakukan pendaftaran ke kantor KPU setempat, Kamis (29/8), maju di Pilkada Samosir 2024.

Selain massa pendukung, pasangan Vandiko-Ariston juga turut diantar para ketua partai pengusung serta tim pemenangan diterima Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak beserta seluruh komisioner KPU dan juga Bawaslu.

Begitu sampai di KPU, belasan ribu warga yang menggunakan ratusan kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat hingga roda sepuluh yang mengantarkan pasangan tersebut, mengakibatkan antrian panjang kendaraan sejauh lima kilometer sambil meneriakkan yel-yel "Vandiko... lanjutkan!" disepanjang perjalanan dari titik keberangkatan Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Tunggu, Samosir sampai menuju kantor KPU yang berlokasi di Jalan Raya Rianiate, Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan.

Ketua tim pemenangan Vandiko-Ariston, Pahala Tua Simbolon mengaku dirinya tidak menyangka jumlah warga yang hadir mengantarkan Vandiko-Ariston mencapai belasan ribu orang. Sebab sesuai laporan yang telah disampaikan pihaknya sebelumnya kepada kepolisian untuk pengamanan dan ke KPU hanya di angka sekitar 3.500 orang. 

"Kami tidak bisa membendung. Padahal sudah kita batasi dalam laporan kita hanya sekitar 3.500 orang. Namun untuk konsumsi sengaja dibuat lebih untuk kebutuhan lima ribu orang. Namun nyatanya itu juga kurang. Bahkan tadi diperjalanan menuju KPU, kita melihat ada yang sampai bawa bekal sendiri tanpa disediakan panitia. Sepertinya ini bentuk harapan dan kecintaan masyarakat Samosir untuk tetap melanjutkan pemerintahan saat ini," ujar Pahala.

Sementara saat proses pendaftaran, Ketua KPU Samosir menyampaikan pasangan Vandiko-Ariston telah resmi mendaftar sebagai bapaslon bupati/wakil bupati Samosir di Pilkada Samosir 2024 dengan berkas persyaratan pendaftaran dinyatakan lengkap.

"Berkas pendaftaran Vandiko-Ariston sudah kami terima dan dinyatakan lengkap. Tahap selanjutnya bakal calon akan menjalani tes kesehatan pada Sabtu, 31 Agustus 2024 di RSUP Adam Malik, Medan," ujar Vincentius.

Terpisah, pasangan Vandiko-Ariston menyampaikan dengan koalisi gabungan partai serta harapan masyarakat Samosir yang diyakini sebagian besar masih ingin melanjutkan pemerintahan saat ini. Pihaknya yakin mampu memenangkan Pilkada Samosir 2024 dengan menggerakkan seluruh roda partai hingga ke tiap-tiap desa menyentuh masyarakat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU perolehan suara partai pada pemilu 2024 di Kabupaten Samosir, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 16.118 suara, Partai Nasdem 13.399 suara, Partai Golkar 10.038 suara, Partai Gerindra 9.347 suara, Partai Perindo 6.528 suara dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 226 suara. Dengan total keseluruhan enam partai pengusung berjumlah 55.656 suara.

"Ditambah satu lagi simpatisan partai Hanura yang resmi hari ini bergabung dengan pasangan Vandiko-Ariston. Tentu akan semakin banyak yang bisa kita buat program lanjutan bersama membangun Samosir yang unggul, inklusif dan juga berkelanjutan," ucap Vandiko bersama Ariston. 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024