Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) bersama dengan kelompok Tani Bonca Jaya, Desa Huta Lombang, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal (Madina) melakukan pengembangan budi daya kopi di wilayah desa setempat dengan melakukan penananam sebanyak 5.600 bibit kopi, Kamis (28/8).

Penanaman bibit kopi program Community Development Community Relations (CDCR) PT SMGP turut dihadiri oleh Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Ali Sahid dan Koordinator Community Development, Ngalim bersama tim.

Koordinator Community Development PT SMGP, Ngalim menyampaikan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari program CDCR yang telah dijalankan selama ini, yang mana membina sejumlah kelompok tani mulai dari merintis usaha hingga berkembang sampai sekarang.

"Alhamdulillah Bonca Jaya salah satu kelompok yang masuk dalam binaan PT SMGP. Kami sangat bangga bisa berbagi ilmu dan wawasan dalam mengembangkan usaha masyarakat," katanya.

Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Ali Sahid mengungkapkan, komitmen perusahaan sejak awal adalah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. 

Maknanya PT SMGP akan berdampingan dengan masyarakat dalam membangkitkan dan menumbuhkan ekonomi melalui pengelolaan semua potensi yang ada.

"Potensi di sini hampir sama dengan apa yang pernah kami kerjakan di Garut, Jawa Barat. Malah kami melihat potensi di sini lebih bagus dari pada di Garut. Tapi potensi yang bagus harus dikelola dengan baik pula, agar dapat membawa dampak besar bagi masyarakat," sebut Ali.

Ia menjelaskan, dari kultur tanah dan iklim yang ada di wilayah itu, patut diyakini komoditi kopi sangat layak dikembangkan, apalagi ketinggiannya mencapai 1.000 mdpl. 

Di sisi lain lanjut Ali Sahid perusahaan memiliki lima pilar program dalam upaya membantu memberdayakan masyarakat, yaitu: Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Budaya serta Lingkungan.

"Lima pilar ini akan kami fokuskan sehingga makna dari slogan kita "SMGP tumbuh dan berkembang bersama masyarakat" benar-benar terwujud," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Bonca Jaya, Rouf, mengungkapkan terima kasih atas perhatian dari manajemen PT SMGP kepada masyarakat selama ini.

"Kehadiran SMGP banyak memberi hal baru dan energi baru bagi kami masyarakat dalam mengembangkan usaha, salah satunya kelompok Bonca Jaya Huta Lombang. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PT SMGP yang telah membuktikan komitmennya menumbuhkan perekonomian masyarakat," ujar dia.

Pewarta: Holik

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024